Siapkan Prosedur Evakuasi WNI di Wuhan, Jokowi Gelar Rapat

TNI disebut paling siap untuk lakukan evakuasi

Tangerang Selatan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menentukan prosedur evakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok, dalam rapat yang digelar Kamis (30/1) sore.

"Ya kan kemarin sudah saya sampaikan bahwa kita memiliki opsi untuk evakuasi tetapi itu kan ada prosedur itu semuanya. Tadi sudah saya sampaikan pagi tadi saya sampaikan kepada Menlu untuk mulai menjajaki mengenai itu tapi juga tahapannya baru sore ini kita lakukan," kata Jokowi usai menghadiri Rakornas Ristek dan BRIN di Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis.

1. Rapat membahas tahapan-tahapan evakuasi

Siapkan Prosedur Evakuasi WNI di Wuhan, Jokowi Gelar RapatRuang penanganan pasien suspect corona di Gedung Infection Centre RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar. IDN Times / Sahrul Ramadan

Jokowi menerangkan, rapat internal yang akan dilakukan sore hari ini untuk menentukan tahapan-tahapan evakuasi WNI yang terisolasi akibat virus corona di Wuhan, Tiongkok.

"Kalau ini kita evakuasi, masuknya seperti apa kemudian setelah dibawa ke sini apakah ada karantina dalam jumlah banyak itu, di mana ini. Hal seperti ini jangan dianggap gampang. Harus disiapkan betul karena ini menyangkut, sekali lagi ini, menyangkut virus. Sore ini baru kita akan putuskan," kata Jokowi.

2. TNI dinilai paling siap untuk evakuasi

Siapkan Prosedur Evakuasi WNI di Wuhan, Jokowi Gelar RapatMenhan, Menlu dan Panglima rapat kerja bersama Komisi l DPR bahas evakuasi WNI, Kamis (30/1). IDN Times/Irfan Fathurohman.

Jokowi menerangkan, proses evakuasi ini akan dilakukan oleh personel TNI. Hal itu mengacu dari kesiapan TNI sendiri.

"Ya memang yang paling siap menurut saya memang dari tni berhubungan bid kesehatan. kita kan ada misalnya tim di RSPAD. Itu jauh lebih siap dan mereka sudah menyatakan sudah siap. Tinggal nanti saya (perintah). Kita lakukan setelah rapat," kata Jokowi.

Baca Juga: WNI di Wuhan Berharap Segera Dievakuasi, Stok Makanan Kian Menipis

3. Waktu evakuasi sendiri belum ditentukan

Siapkan Prosedur Evakuasi WNI di Wuhan, Jokowi Gelar RapatTNI AU bersiap evakuasi WNI dari Wuhan, Tiongkok (Twitter/@_TNIAU)

Jokowi menerangkan, waktu evakuasi WNI belum ditentukan melalui rapat internal sore ini. Artinya, WNI di Wuhan masih harus menunggu jadwal lagi untuk dievakuasi.

"Nanti rapat internal tapi kesiapan kita tadi saya sampaikan tim tni di bidang kesehatan sudah siap. artinya kita tinggal memutuskan tapi juga melihat di sana. ini bukan negara kita lho. bukan di negara kita, di negara orang lain yang memiliki regulasi, yang memiliki aturan-aturan yang ada," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pemerintah Wuhan: Korban Meninggal Akibat Virus Corona Jadi 170 Jiwa

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya