Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh Warga

Ular sepanjang 4,5 meter itu bersembunyi di gorong-gorong

Tangerang Selatan, IDN Times - Seekor ular piton sepanjang 4,5 meter berhasil diamankan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ular berukuran besar itu diketahui sedang memangsa seekor kucing anggora milik salah seorang warga.

1. 8 personel damkar diterjunkan dalam operasi penangkapan ular itu

Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh WargaSeekor ular piton ditangkap warga saat memangsa seekor mentok di Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Selasa (17/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Informasi yang dihimpun, penemuan ular piton itu dilaporkan pada Minggu (22/12) sekira pukul 20.00 WIB, oleh warga Perumahan Bukit Pamulang Indah (BPI), Pamulang, Tangsel.

"Jadi dilaporkan ke kita setelah hujan lebat kemarin malam. Kita datang ke lokasi dengan jumlah 8 personel penyelamatan," ujar Kepala Damkar dan Penyelamatan Kota tangsel Uci Sanusi, Senin (23/12).

Baca Juga: Kisah Mistis di Balik Penemuan 30 Cangkang Telur Ular Kobra di Bekasi

2. Ular besar itu sempat memakan seekor kucing anggora milik warga

Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh WargaSeekor ular piton ditangkap warga saat memangsa seekor mentok di Kelurahan Pesurungan Lor, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Selasa (17/12) siang. IDN Times/Haikal Adithya

Uci mengatakan, begitu tiba di lokasi, personel rescue langsung melakukan penyisiran ke beberapa titik yang dilaporkan sebelumnya. Disebutkan warga, ular piton itu sebelumnya sempat memakan seekor kucing dewasa sebelum akhirnya pergi memasuki gorong-gorong saluran air.

"Menurut warga ular itu habis makan kucing, makanya langsung heboh. Tim kita langsung menyisir gorong-gorong itu," ucap Uci.

3. Ular yang melarikan diri ditemukan di gorong-gorong

Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh WargaDok. Damkar Kota Tangsel

Uci menjelaskan tak beberapa lama petugas akhirnya mendapati piton tengah bersembunyi di balik gorong-gorong. Dengan peralatan seadanya, ular berhasil diangkut ke permukaan lalu diamankan dan dibawa ke kantor Damkar Tangsel di bilangan Serpong Utara.

"Sembunyi di balik gorong-gorong, lalu kita tangkap dan dibawa ke kantor," imbuhnya.

4. Setelah diamankan Damkar, ular tersebut diserahkan ke komunitas pecinta reptil

Telan Kucing Anggora, Ular Piton di Pamulang Bikin Heboh WargaIDN Times/Debbie Sutrisno

Uci menuturkan, dari postur diameter fisiknya yang cukup besar, belum bisa dipastikan apakah ular piton itu sempat memakan kucing atau hewan warga lainnya. Jika diperkirakan, beratnya sendiri mencapai sekira 30 kilogram lebih.

"Memang ularnya besar. Jadi kalau habis makan kucing itu bisa jadi benar, karena tidak terlalu kelihatan dengan bentuk diameter tubuhnya yang besar," terangnya.

Belum diketahui dari mana sumber munculnya ular piton ke tengah pemukiman warga. Uci menduga, ular itu terbawa derasnya arus akibat hujan yang turun, atau faktor lain disebabkan rantai makanannya terganggu hingga keluar menyasar pemukiman warga.

"Bisa jadi terbawa arus, atau bisa juga kan biasanya ular makan tikus atau sejenisnya. Saat rantai makanan itu berkurang, maka dia akan berburu hingga keluar dari sarangnya," ucap Uci.

Hingga saat ini, ular piton masih diamankan di kantor Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel. Rencananya, ular akan segera diserahkan kepada komunitas pencinta reptil untuk ditangani.

Baca Juga: Begini Cara Sioux Melakukan Operasi Pencarian Ular di Perumahan BSD 

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya