Bocah 6 Tahun di Jambi Terseret Luapan Sungai Batang Hari 

Warga di sepanjang Batang Hari diimbau waspada

Jambi, IDN Times - Dua warga Jambi dilaporkan hilang terseret arus luapan Sungai Batang Hari. Nanda, Jumat (8/5), salah satunya adalah bocah berusia 6 tahun warga Desa Mersam, Kabupaten Batang Hari.

Sungai Batang Hari di Provinsi Jambi merendam banyak desa di sepanjang aliran sungai. Tim Badan Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jambi masih melakukan pencarian korban sejak pukul 15.30 WIB.

Baca Juga: 3 Satwa Dilindungi Ini Dilepas di Pantai Timur Jambi

1. Hanyut saat bermain di pinggir sungai

Bocah 6 Tahun di Jambi Terseret Luapan Sungai Batang Hari Basarnas dan warga bekerjasama melakukan pencarian warga hilang di Sungai Batanghari/IDN Times/Dokumentasi Basarnas Jambi

Bocah yang berusia enam tahun tersebut, dilaporkan sedang bermain air di sekitar rumahnya di bantaran Sungai Batang Hari. Tak lama, ia terseret arus hingga hanyut. Tim Basarnas dibantu Babinsa serta warga sekitar masih melakukan pencarian dengan menggunakan perahu karet.

"Laporan diterima pukul 15.30 WIB, saat ini sedang dilakukan pencarian," jelas Kornelis, Kepala Operasi Basarnas Jambi melalui rilisnya, Jumat (8/5).

Sedangkan satu korban lain, seorang nenek bernama Sumtari (60), juga mengalami hal sama di Desa Tanjung Candi Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Pencarian nenek Sumtari ditangani oleh tim Basarnas Kabupaten Bungo.

2. Basarnas imbau warga di pinggir Sungai Batang Hari selalu waspada

Bocah 6 Tahun di Jambi Terseret Luapan Sungai Batang Hari Patroli pencarian warga hilang di sungai Batanghari/IDN Times/Dokumentasi Basarnas Jambi

Basarnas telah mengeluarkan imbauan kepada warga yang tinggal di sepanjang pinggiran Sungai Batang Hari agar waspada saat beraktivitas. Apa lagi debit air di sejumlah lokasi, mengalami peningkatan setelah hujan lebat mengguyur hampir semua wilayah di Provinsi Jambi dalam beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jambi mengerahkan tiga tim untuk siaga di sejumlah lokasi menyusul meningkatnya debit sungai Batang Hari.

"Tim Basarnas disiagakan untuk antisipasi rescue akibat meluapnya sungai Batang Hari," kata Luthfi, Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Jambi.

3. Debit air Sungai Batang Hari mencapai 357 sentimeter

Bocah 6 Tahun di Jambi Terseret Luapan Sungai Batang Hari Kapal patroli Basarnas siaga di Sungai Batanghari/IDN Times/Dokumentasi Basarnas Jambi

Dari tiga tim yang dikerahkan, satu tim bertugas melakukan pemantauan dan siaga di Kabupaten Batang Hari. Dua tim lainnya bersiaga di wilayah Muaro Jambi dan Jembatan Aurduri I maupun Aurduri II. Basarnas Jambi menerima laporan dari BPBD Kabupaten Batang Hari jika debit muka air sudah mencapai 357 sentimeter.

"Terkait info dari BPBD Batang Hari, satus sungai berubah menjadi bencana. Jika ada keluarga atau masyarakat yang terdampak banjir perlu dievakuasi, bisa langsung menghubungi 115 atau kantor Basarnas Jambi," katanya.

Baca Juga: Keren! Lima Desa di Jambi Berbagi Rp1 Miliar dari Dagang Karbon

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya