Karyawan RS di Jambi Positif COVID-19, Pelayanan Terhenti Sementara

Seluruh karyawan rumah sakit diuji swab

Jambi, IDNTimes - Rumah Sakit Raden Mattaher (RSRM) Jambi menghentikan pelayanan kepada masyarakat mulai Selasa (4/8/2020). Penghentian ini dipicu satu orang tenaga administrasi rumah sakit positif COVID-19.

"Mulai hari ini hingga Sabtu (8/8/2020), RSRM menghentikan pelayanan kepada masyarakat. Diharapkan informasi ini disampaikan kepada masyarakat lainnya," terang Johansyah, Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Jambi melalui video siaran pers, Selasa (4/8/2020).

1. Seluruh karyawan RS Raden Mattaher bakal diuji swab

Karyawan RS di Jambi Positif COVID-19, Pelayanan Terhenti SementaraRumah Sakit Raden Mattaher Jambi (IDN Times/Ramond EPU)

Johansyah mengatakan, penghentian layanan RS Raden Mattaher dilaksanakan untuk melakukan contact tracing tenaga administrasi rumah sakit yang sudah dinyatakan positif COVID-19.

"Akan dilakukan rapid test dan uji swab kepada seluruh karyawan di Rumah Sakit Raden Mattaher," jelasnya.

Tenaga administrasi RS Raden Mattaher masuk ke dalam 19 orang pasien positif COVID-19 di Jambi yang diumumkan. Diketahui, pasien tersebut berjenis kelamin perempuan usia 43 tahun asal Kota Jambi, dan saat ini dirawat di RS Raden Mattaher Jambi.

"Pasien 170 inisial MM mempunyai riwayat kontak dengan pasien 152," kata Johansyah.

Baca Juga: Virus COVID-19 Menular Lewat Udara, Ketua Tim Pakar COVID-19 Tanya WHO

2. Satu orang pasien dinyatakan sembuh

Karyawan RS di Jambi Positif COVID-19, Pelayanan Terhenti Sementarailustrasi pasien sembuh dari COVID-19. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Dari 19 orang yang dinyatakan positif COVID-19, lima orang berasal dari kontak pasien 152. Sedangkan delapan orang terdapat riwayat kontak dengan pasien 151.

Sedangkan tiga orang punya riwayat kontak dengan pasien 127. Selebihnya memiliki riwayat perjalanan ke Bangka Belitung, Bogor, serta screening khusus Bappeda.

Selain penambahan jumlah pasien positif, satu orang pasien di Jambi dinyatakan sembuh setelah dilakukan dua kali uji swab dan hasilnya negatif.

"Pasien 134 dinyatakan sembuh. Seorang laki-laki usia 37 tahun asal Kabupaten Muarojambi. Sudah boleh pulang ke rumah. Namun tetap harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari," jelasnya.

3. Pasien sembuh di Jambi sudah mencapai 116 orang

Karyawan RS di Jambi Positif COVID-19, Pelayanan Terhenti SementaraData perkembangan COVID-19 di Jambi, Selasa (4/8)/IDN Times/Gugus Tugas COVID-19 Jambi

Sementara itu, dari perkembangan pasien COVID-19 di Provinsi Jambi terdapat suspect 35 orang dan bertambah satu pasien dari hari sebelumnya.

Sedangkan terkonfirmasi positif sudah mencapai 188 orang, dan bertambah 19 lagi. Pasien sembuh sudah 117 orang setelah bertambah satu pasiien lagi, dilanjutkan dengan 31 orang masih menunggu uji spesimen.

Baca Juga: Tertarik Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19? Ini Syarat-syaratnya

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya