Comscore Tracker

Kondisi Dua Pasien Positif COVID-19 di Jambi Stabil

Saat ini masih menunggu hasil uji swab pasien 01 keluar

Jambi, IDN Times - Dua pasien yang dinyatakan positif COVID-19 di Jambi dalam kondisi stabil. Keduanya masih diisolasi di Rumah Sakit Raden Mattaher Jambi dan Rumah Sakit MHA Thalib Kerinci.

Pasien 01 dari Kabupaten Tebo sudah hampir dua pekan menjalani perawatan di RS Raden Mattaher dan menunjukkan perkembangan kesehatan yang baik.

"Pasien kosong satu sekarang kondisinya stabil," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 di Provinsi Jambi, Johansyah, Rabu (1/4).

1. Pasien 01 kembali dilakukan uji swab

Kondisi Dua Pasien Positif COVID-19 di Jambi StabilIDN Times/Bagus F

Dia mengatakan, kedua pasien yang dinyatakan positif setiap hari dilakukan pemantauan perkembangan kesehatannya. Terakhir, mereka melakukan pengambilan swab kepada pasien 01. "Akhir pekan lalu sudah kita lakukan uji swab kembali kepada pasien 01. Namun, belum kita ketahui hasilnya," kata Johan.

Meski demikian, dari hasil rapid test kepada pasien 01 masih menunjukkan positif COVID-19. "Makanya kita tunggu hasil uji swab. Apakah masih positif atau sudah negatif," jelasnya.

Sedangkan pasien 02 di Kabupaten Kerinci juga menunjukkan kondisi kesehatan stabil. Upaya yang dilakukan gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Jambi saat ini melacak jejak pertemuan pasien 02.

"Saat ini kita lakukan kontak tracing kepada keluarga pasien. Karena, keluarga orang terdekat yang kontak langsung dengan pasien 02," katanya.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Jalur Lintas Sumatera di Provinsi Jambi Dijaga Petugas

2. Rapid test terhadap 131 orang terdekat pasien 01 hasilnya negatif

Kondisi Dua Pasien Positif COVID-19 di Jambi StabilIDN Times/Debbie Sutrisno

Johan mengatakan, pihaknya terus melakukan rapid test terhadap orang-orang terdekat pasien. Seperti pasien 01, istri dan anak sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif. Tidak berhenti sampai di situ, mereka juga melakukan rapid test kepada orang yang pernah kontak langsung dengan pasien 01. Rapid test sudah mereka lakukan terhadap 131 orang. "Hasilnya semuanya negatif," kata Johan.

Sedangkan untuk pasien 02 di Kerinci, pihaknya saat ini melakukan inventarisasi kontak tracing 14 hari terakhir. Setelah itu akan dilakukan rapid test terhadap orang-orang tersebut. "Kita masih mencari data valid terkait informasi pasien 02. Informasinya ada ikut pengajian atau bertemu dengan orang dari luar negeri. Kita pastikan lagi nanti datanya," jelasnya.

3. Tenaga medis RS MHA Thalib Kerinci ikut diperiksa intensif

Kondisi Dua Pasien Positif COVID-19 di Jambi StabilIlustrasi. Rapid Test COVID-19. Dok Humas Jabar

Sebanyak 30 orang tenaga medis di Rumah Sakit MHA Thalib Kerinci saat ini diperiksa intensif karena pernah melakukan kontak dengan pasien 02. Tidak hanya tenaga medis, pihak keluarga pasien juga dikarantina. Hal ini dilakukan agar mengetahui jika ada tim medis dan pihak keluarga pasien yang tertular virus corona.

Disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal, rapid test dilakukan kepada 30 tenaga medis. "Kemungkinan pernah kontak langsung dengan pasien, mulai dari ruang IGD sampai ruang isolasi," jelasnya.

Pihaknya juga akan menelusuri siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien. Seperti keluarga dan petugas Puskesmas yang merujuk pasien ke rumah sakit. "Kita telusuri rekam jejak pasien beberapa hari belakang," katanya.

Baca Juga: Warga Jambi Positif COVID-19 Diduga Usai Jumpa Orang dari Luar Negeri

Topic:

  • M Ramond
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya