Comscore Tracker

Pilkada Serentak, Ketua PAN di Jambi Pilih Daftar Jalur Perseorangan

Romi dan Robby calon petahana

Jambi, IDN Times - Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Romi Haryanto mendaftar jalur perseorangan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjabtim, Jumat (21/2). Romi mendaftar sebagai bakal calon bersama Robby Nahliyansyah, pasangannya sebagai bupati dan wakil bupati Tanjabtim periode 2015-2020.

Meski PAN Tanjabtim sebagai partai pemenang dengan jumlah 17 kursi dari 30 kursi yang ada di DPRD, Romi tidak menggunakan partai yang diketuainya sebagai perahu maju di Pilkada serentak tahun 2020 ini. Alasannya, Romi mendapatkan 80 ribu dukungan dari masyarakat Tanjabtim untuk kembali maju sebagai bupati.

"Hari ini kami memutuskan untuk maju dari jalur independen," kata Romi didampingi Robby saat mendaftar ke kantor KPU Tanjabtim.

Baca Juga: 6 Paslon PDIP di Jateng Berpotensi Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2020

1. Romi-Robby tidak berniat mengkhianati PAN

Pilkada Serentak, Ketua PAN di Jambi Pilih Daftar Jalur PerseoranganRomi Haryanto-Robby Nahliyansyah saat memberikan keterangan pers di kantor KPU Tanjabtim, Jumat (21/2)/IDN Times/Ramond EPU

Disampaikan Romi, keputusan untuk menggunakan jalur perseorangan ini sudah dibahas bersama tim dan keluarga. Bahkan, dia juga sudah menyampaikan keinginan maju jalur perseorangan ke DPW PAN Jambi. "Saya sudah melakukan klarifikasi ke DPW dan berharap PAN tetap mendukung keputusan kami maju melalui jalur independen ini," jelasnya kepada awak media.

Keputusan yang sudah dibuatnya bersama Robby ini diyakini sebagai jalan terbaik. Dia juga memastikan langkah yang mereka buat sebagai penghargaan terhadap tim yang sudah berupaya keras mengumpulkan dukungan dari masyarakat Tanjabtim. "Selaku kader dan orang yang sudah dibesarkan, saya dan Robby tidak ada niat untuk mengkhianati PAN. Mudah-mudahan kawan-kawan dari PAN dapat memahami langkah yang kami ambil hari ini," jelasnya.

2. Romi-Robby tetap berharap dukungan PAN

Pilkada Serentak, Ketua PAN di Jambi Pilih Daftar Jalur PerseoranganIstimewa

Sebagai Ketua DPD PAN Tanjabtim, Romi memastikan tidak ada penjaringan calon bupati di daerahnya. Namun, kata Romi, keputusan mengenai arah dukungan PAN di Pilkada Tanjabtim diserahkan sepenuhnya kepada DPW PAN Jambi. "Saya berharap PAN tetap bersama kami," ungkapnya.

Romi mengakui keputusan yang dibuatnya di jalur perseorangan mengandung risiko. Tetapi, dirinya sudah siap dengan apapun keputusan yang dibuat DPW PAN terhadap sikap yang sudah diambil untuk maju di Pilkada Tanjabtim. "Semua ada positif negatifnya. Kami juga sudah memikirkan hal terburuk. Apapun yang terjadi, kami tetap maju melalui jalur perseorangan," ungkapnya.

3. Punya 80 ribu dukungan, baru serahkan 30 ribu ke KPU

Pilkada Serentak, Ketua PAN di Jambi Pilih Daftar Jalur PerseoranganPendukung Romi-Robby memenuhi kantor KPU Tanjabtim untuk memberikan dukungan saat mendaftar sebagai calon perseorangan, Jumat (21/2)/IDN Times/Ramond EPU

Maju di jalur perseorangan, Romi-Robby membawa 80 ribu lebih dukungan. Namun, saat ini pihaknya hanya menyerahkan 30 ribu lebih dukungan kepada KPU Tanjabtim.

Sementara itu, Nurkholis, Ketua KPU Tanjabtim mengatakan, pihaknya sudah menerima berkas dukungan bakal calon perseorangan dari Romi Haryanto dan Robby Nahliyansyah. Dari jumlah dukungan yang mereka terima, ada 30.203 bukti dukungan yang disertakan Romi-Robby. "Syarat minimal dukungan calon perseorangan adalah sepuluh persen jumlah DPT terakhir," katanya.

4. KPU Tanjabtim segera verifikasi kelengkapan syarat calon perseorangan

Pilkada Serentak, Ketua PAN di Jambi Pilih Daftar Jalur Perseoranganpanrita.news

Jumlah DPT terakhir di Tanjabtim yaitu 168.575. Sehingga syarat minimal yang harus dipenuhi calon perseorangan yaitu 16.858. Setelah menerima berkas dukungan, KPU akan melakukan verifikasi kelengkapan. Selanjutnya dilakukan verifikasi administrasi.

"Akan dilihat apakah syarat dukungan ini diberikan orang-orang yang dilarang mendukung, seperti ASN, TNI dan Polri. Terakhir akan dilakukan verifikasi faktual, KPU akan melakukan sensus terhadap orang yang memberikan dukungan," jelas Kholis.

Baca Juga: Mengukur Kekuatan Dinasti Atut di Pilkada Serentak 2020

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya