Polisi Gelar Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI di 4 Titik 

Ruas jalan tol dan di rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek

Karawang, IDN Times - Rekonstruksi peristiwa penembakan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) akan dilakukan di empat titik. Ratusan personel dari Polres Karawang, Polda Jabar dan Polda Metro Jaya dilibatkan dalam olah tempat kejadian perkara (TKP) dalam insiden dugaan penembakan yang menewaskan enam laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50.

"Rekonstruksi digelar di empat titik, yakni di ruas jalan tol dan di rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek," ujar Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra pada Minggu (13/12/2020) malam. 

1. Gerbang Tol Karawang Barat ditutup sementara selama rekonstruksi

Polisi Gelar Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI di 4 Titik (Jelang rekonstruksi kasus dugaan penembakan enam anggota laskar FPI di Karawang, Jawa Barat) IDN Times/Mahendra

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat apel persiapan mengatakan, petugas lalu lintas akan disebar di sejumlah titik agar kegiatan rekonstruksi berjalan lancar.

Personel juga ditugaskan untuk melakukan penutupan Gerbang Tol Karawang Barat, agar kegiatan rekonstruksi berjalan dengan aman dan lancar.

Baca Juga: Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI, Gerbang Tol Karawang Barat Ditutup

2. Selama kegiatan rekonstruksi, lokasi kejadian dipastikan steril

Polisi Gelar Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI di 4 Titik Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Selain digelar di tempat yang sama, kegiatan rekonstruksi juga digelar pada waktu yang sama saat kejadian pada Senin 7 Desember lalu, yakni saat dini hari. Karena itu, kegiatan rekonstruksi tersebut digelar pada Senin dini hari.

Kapolres Karawang memastikan, selama kegiatan rekonstruksi, lokasi kejadian harus steril. Atas hal tersebut, ratusan personel dilibatkan dari Polres Karawang, Polda Jabar dan Polda Metro Jaya.

3. Polisi gelar olah TKP terkait kasus dugaan penembakan enam laskar FPI

Polisi Gelar Rekonstruksi Penembakan Laskar FPI di 4 Titik Ambulans yang membawa jenazah Laskar FPI di RS Polri pada Selasa (8/12/2020) (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian mengatakan pihaknya akan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait bentrokan yang menewaskan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) pada Senin (7/12/2020) dini hari.

"Benar (olah TKP), salah satunya di Tol Cikampek KM 50, jam 23.00, kumpul di Polres Karawang," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (13/12/2020).

Dia menerangkan dalam olah TKP tersebut juga melibatkan pihak eksternal yakni Kompolnas, Kontras dan Amnesty Internasional. Namun, yang mengonfirmasi hadir hanya Kompolnas.

"Ini salah satu metode penyidik untuk meyakinkan apakah keterangan saksi sesuai, kita lihat nanti perkembangannya," ujarnya.

Baca Juga: KontraS Tidak Hadir Olah TKP Bentrokan Polisi vs FPI, Ini Alasannya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya