Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung Cepat

Unggul dengan perolehan suara sebesar 39,97 persen

Batam, IDN Times - Tim pemenangan Pasangan calon (Paslon) gubernur dan wakil gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nomor urut 3, Ansar Achmad dan Marlin Agustina mendeklarasikan menjadi pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua tim pemenangan Ansar-Marlin (Aman), Ade Angga, mengatakan, deklarasi kemenangan itu berdasarkan data yang dimiliki dari lembaga survei Indikator Burhanuddin Muhtadi. Total perolehan suara sementara ini sebesar 99,96 persen. Paslon Ansar dan Marlin (AMAN) unggul dengan perolehan suara sebesar 39,97 persen.

“Data yang kami miliki akurat dan valid. Seperti kita ketahui, tim pemenangan bekerjasama dengan lembaga survei yang kredibel secara nasional,” ujarnya.

1. Unggul dari dua paslon lainnya

Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung CepatIlustrasi Pendaftaran KPU (IDN Times/Sukma Shakti)

Ade menyebutkan, paslon AMAN unggul dari paslon nomor urut 1 Suryo-Iman yang memperoleh suara sebesar 23,07 persen. Sedangkan paslon nomor urut 2 Isdianto-Suryani memeroleh 36,95 persen.

“Margin eror 1,57 persen, Ini menandakan, terjadi pengurangan suara seluruhnya 1,57 AMAN tetap unggul,” kata dia.

Baca Juga: Polda Kepri Kerahkan 11.027 Personel Pengamanan Pilkada 6 Daerah

2. Paslon Ansar-Marlin klaim unggul di beberapa kabupaten/kota

Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung CepatIlustrasi Pilkada (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/hp)

Untuk perolehan suara masing-masing kabupaten/kota, Ade merinci Kota Tanjungpinang data yang masuk 100 persen, paslon Ansar-Marlin unggul dengan perolehan suara 53,95 persen. Sementara itu paslon Isdianto-Suryani memperoleh suara 28,26 persen serta paslon Surya-Iman memperoleh suara sebesar 17,79 persen.

Di Kabupaten Bintan,  paslon Ansar-Marlin tetap unggul dengan perolehan suara 62,4 persen, paslon Isdianto-Suryani 29,96 persen, dan paslon Surya-Iman 13,96 persen. “Untuk Kabupaten Lingga, paslon AMAN tetap unggul dengan perolehan suara 45,93 persen, paslon Isdianto-Suryani memperoleh suara sebesar 38,32 persen dan paslon Surya-Iman memperoleh suara 15,76 persen,” paparnya.

Sementara di Kabupaten Karimun, paslon Ansar-Marlin hanya memperoleh 36,2 persen, paslon Isdianto-Suryani 45,82 persen, dan paslon Surya-Iman memperoleh 21,58 persen. Di Kota Batam, paslon Ansar-Marlin memeroleh suara 31,44 persen, paslon Isdianto-Suryani unggul dengan perolehan suara 38,56 persen dan paslon Surya-Iman mendapat suara sebesar 30 persen.

Kabupaten Natuna, paslon Ansar-Marlin kembali tidak unggul dengan perolehan suara 39,71 persen, paslon Isdianto-Suryani memperoleh suara sebesar 45,72 persen dan paslon Surya-Iman memperoleh suara sebesar 14,57 persen. “Terakhir Kabupaten Karimun, Paslon Ansar-Marlin unggul dengan perolehan suara sebesar 55,01 persen, paslon Isdianto-Suryani sebesar 27,44 persen dan paslon Surya-Iman mendapat perolehan suara sebesar 17,50 persen,” sebutnya.

3. Ansar ucapkan terimakasih para pendukung dan masyarakat Kepri

Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung CepatIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Calon Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nomor urut 2, Ansar Ahmad mengatakan hasil perolehan suara dengan perhitungan cepat (quick count) lembaga survei Indikator pihaknya mendapat kemenangan. “Perolehan suara ini secara saintifik,” ujarnya saat deklarasi kemenangan di posko tim pemenangan Ansar-Marlin (AMAN), Rabu (9/12/2020).

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para relawan, partai pengusung dan partai pendukung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. “Termasuk juga kepada masyarakat Kepri,” katanya.

Ansar juga mengucapkan terima kasih kepada para penyelenggara pilkada yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta kepada para pihak pengamanan TNI/Polri. “Ini amanah besar bagi kami,” kata dia.

4. Paslon Ansar-Marlin berharap real count KPU sama dengan quick count mereka

Paslon Gubernur Kepri Ansar-Marlin Klaim Menang Versi Hitung CepatIDN Times/Rehan

Ansar meyakini, perhitungan nyata (real count) dari KPU mendapat hasil yang sama dengan yang mereka umumkan pada hari ini.

Calon Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina menyampaikan syukur telah mendapat kemenangan berdasarkan hitung cepat (quick count). Ke depan, pihaknya berjanji akan bekerjasama secara maksimal bagi masyarakat Kepri.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama masyarakat Kepri, terkhusus kepada pak Muhammad Rudi yang telah membimbing saya,” ujar Marlin.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di RSKI Galang Kehilangan Hak Suara

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya