10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!

Profesimu salah satunya?

Jakarta, IDN Times - Libur lebaran merupakan momentum yang paling dinantikan oleh umat Islam. Sebab libur lebaran umumnya panjang, seperti libur lebaran tahun ini. Banyak yang kemudian memanfaatkan libur tersebut untuk mudik atau sekedar berwisata bersama keluarga.

Kegiatan apapun yang kamu pilih untuk mengisi liburan lebaran, syukurilah. Sebab masih banyak lho mereka yang gak bisa libur lebaran. Siapa aja? Berikut di antaranya.

1. Dokter  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!IDN Times/Indiana Malia

Penyakit bisa datang kapan saja. Karena itulah dokter dan tim medis tetap harus bersiaga meskipun di momen liburan lebaran. Bahkan banyak juga dokter yang bertugas di pos-pos mudik untuk membantu mengontrol kesehatan para pemudik, lho.

2. Polisi dan TNI  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!Instagram.com/@lantas_subang

Kalau ada yang paling sibuk mengatur arus pemudik, Pak Polisi lalu lintas adalah orangnya. Beliau-beliau ini tetap bekerja di liburan lebaran agar arus mudik tetap lancar dan aman. Bahkan, saking kelelahannya mengatur arus mudik, ada polisi yang sampai tertidur di dekat sepeda motor dinasnya lho.

3. Pemadam kebakaran  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!unsplash.com/ Benjamin Kerensa

Seperti polisi dan dokter, para petugas pemadam pun tidak bisa menikmati liburan bersama keluarga. Sebab mereka tetap harus bersiaga untuk berjaga-jaga jika terjadi kebakaran.

4. Petugas tol  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!Dokumentasi Kemenhub

Meski sekarang banyak pintu tol menggunakan gardu tol otomatis, namun profesi yang satu ini juga nyatanya tidak bisa berlibur saat lebaran tiba. Sebab melayani pemudik di jalan tol adalah tanggung jawab mereka. Karena itu petugas tol akan siaga di hari-hari libur lebaran.

5. Petugas SPBU  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pekerjaan yang satu ini juga harus tetap melayani masyarakat saat lebaran. Sebab, baik pemudik ataupun yang tidak mudik, pasti akan membutuhkan bahan bakar untuk kendaraan mereka.

Coba deh bayangin apa jadinya jika semua SPBU tutup karena tidak ada petugas yang mau jaga saat liburan lebaran? Bisa-bisa tidak akan ada pemudik karena mereka gak bisa mengisi bensin ataupun solar.

6. Satpam  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!Sumber Gambar: www.orlandomeeting.com

Satpam, baik yang bertugas di pusat perbelanjaan, tempat wisata, perkantoran, atau perumahan, juga tidak bisa menikmati liburan lebaran. Sebab mereka harus tetap menjaga kemanan. Bahkan mereka juga harus menjaga kantor yang tutup ataupun rumah kosong yang ditinggal pemudik.

7. Petugas kebersihan  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!huffingtonpost.com

Masa mudik, malam takbiran bahkan perayaan usai solat ied terkadang menyisakan sampah-sampah berserakan. Tidak mungkin sampah itu dibiarkan sampai momentum lebaran usai, bukan?

Untuk itu petugas kebersihan tetap harus menjalankan tugas mereka. Membersihkan jalanan dan mengambil sampah-sampah yang berserakan.

Karenanya mereka kerap tak bisa berkumpul bersama keluarga ketika lebaran tiba. Demi melayani masyarakat agar lingkungannya tetap bersih.

8. Sopir bus/angkot  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!IDN Times/Gregorius Aryo

Transportasi umum tidak mengenal kata libur. Meski lebaran dinyatakan sebagai tanggal merah, sama seperti tanggal merah lainnya, jasa transportasi umum tidak lantas berhenti melayani masyarakat.

Supir bus ataupun angkot tetap bekerja melayani masyarakat dengan mengemudikan kendaraan yang dibawanya. Dalam momen lebaran bukan berarti transportasi umum tidak punya penumpang sama sekali, loh.

9. Costumer Service  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!pcplus.co.id

Pekerjaan yang satu ini juga tidak mengenal libur loh. Termasuk saat lebaran. Costumer Services akan bekerja seperti biasa melayani masyarakat.

Keluhan maupun pertanyaan tentang apapun bisa muncul sewaktu-waktu tanpa diduga. Untuk itu Costumer Service tetap setia melayani pelanggannya yang menjadi bentuk tanggung jawabnya terhadap pekerjaannya.

10. Wartawan  

10 Pekerjaan Ini Gak Bisa Libur Saat Lebaran, Lho!IDN Times/Margith Juita Damanik

Pekerjaan yang satu ini juga tidak mengenal hari libur. Sebagai bentuk tanggung jawabnya sebagai pelayan publik, wartawan tetap bekerja meski hari lebaran tiba.

Memberikan informasi terkini dan terpercaya dan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi menjadi tugasnya. Bahkan tak jarang yang diberitakan juga terkait suasana lebaran.

Tak heran banyak wartawan yang harus merelakan waktunya untuk berkumpul bersama saat lebaran bersama keluarga.

Baca Juga: Mudik Masih Ramai, Polisi Terapkan Sistem Lawan Arus di Tol Cikampek

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya