3 Daerah dengan Bakal Calon Legislatif Mantan Napi Korupsi Tertinggi

Daerah mu termasuk, gak?

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dikabarkan akan mengembalikan berkas-berkas para bakal calon legislatif tingkat provinsi, kabupaten dan kota yang diketahui menjadi mantan narapidana kasus korupsi.

Berkas-berkas tersebut kabarnya akan dikembalikan ke partai politik masing-masing. Badan Pengawasan pemilihan Umum (Bawaslu) mencatat ada 199 nama mantan narapidana korupsi yang terdaftar sebagai baka calon legislatif.

199 nama tersebut terbagi ke tingkat provinsi, kabupaten, dan kota menyebar ke seluruh Indonesia. Berikut adalah nama-nama kota yang memiliki daftar nama bakal calon anggota legistlatif mantan narapidana korupsi tertinggi ditiap tingkatannya.

1. Tingkat Provinsi – Jambi

3 Daerah dengan Bakal Calon Legislatif Mantan Napi Korupsi TertinggiIDN Times/Sukma Shakti

Provinsi Jambi menduduki posisi pertama sebagai Provinsi yang paling banyak memiliki bakal calon anggota legislatif yang merupakan mantan narapidana tindak pidana korupsi. Dari 30 nama yang merupakan mantan narapidana korupsi yang mendaftar sebagai bakal calon legislatif tingkat provinsi, 9 di antaranya terdaftar di Provinsi Jambi. 

Ke-30 mantan narapidana korupsi itu tersebar di 11 provinsi di Indonesia. Adapun kesembilan nama bakal calon legislatif mantan narapidana korupsi di Jambi adalah Idham kholid (PKB), Syahrasaddin (Golkar), Ridwan (Berkarya), Mukti Sa'ari (Berkarya), Mapangara Haka (Berkarya), Abdul Fattah (PAN), A.Harris (Demokrat), Irmanto (Demokrat), dan Nasrullah Hamka (PBB).

Baca juga: Bacalegnya Disebut Mantan Koruptor, Gerindra Lapor ke DKPP

2. Tingkat Kabupaten – Kabupaten Buol dan Kabupaten Katingan

3 Daerah dengan Bakal Calon Legislatif Mantan Napi Korupsi Tertinggi

Dari 148 nama bakal calon legislatif tingkat kabupaten yang merupakan mantan narapidana korupsi, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah dan Kabupaten Katingan, Kalimantan tengah memiliki masing-masing 6 nama. Angka ini menjadi angka tertinggi.

148 nama tersebut tersebar di 93 kabupaten di Indonesia. Enam nama bakal calon legislatif yang merupakan mantan narapidana korupsi di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah antara lain, Ahmad H. Batalipu (PKPI), Rusli (Berkarya), Kamarudin M. Lasuru(Berkarya), Sjahrul (Berkarya), Hasanudin Thalib (Berkarya), dan Karsum Umar (Berkarya).

Sedangkan enam nama untuk wilayah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah adalah Maspek J.Garang (Hanura), Hendriwol (PKPI), Tuuwatno (PKPI), Yenice Ampung (PKPI), Likeda E. Djalau (PKPI), Saharuddin (Gerindra).

3. Tingkat Kota – Kota Lamongan

3 Daerah dengan Bakal Calon Legislatif Mantan Napi Korupsi TertinggiIDN Times/Sukma Shakti

Kota Lamongan menjadi kota tertinggi yang memiliki daftar nama bakal calon legislatif tingkat Kota yang merupakan mantan narapidana korupsi. Dari 21 nama yang tersebar di 12 kota di seluruh Indonesia, Lamongan tercatat memiliki empat nama.

Keempat nama tersebut adalah Asmungi (Golkar), Jimmy Hariyanto (Golkar), Nipbianto (Nasdem), dan Harist Udin Auda (Perindo). Setelah kota yang terletak di provinsi Jawa Timur ini, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan menjadi peringkat kedua.

Baca juga: Survei KedaiKOPI: 14 Persen Setuju Koruptor Dihukum Mati

Topik:

  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya