Comscore Tracker

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPB

Kanker paru umumnya diderita perokok aktif

Jakarta, IDN Times - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menjadi salah satu penyintas kanker paru-paru. Sejak mengumumkan kepada publik bahwa dirinya divonis mengidap penyakit mematikan tersebut, Sutopo tak pernah menyerah dan tetap menjalankan tugasnya berbagi informasi seputar kebencanaan pada publik.

Dilansir dari beberapa sumber, IDN Times merangkum beberapa fakta mengenai penyakit kanker paru-paru. Simak yang berikut ini.

1. Mayoritas penderitanya perokok aktif

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPBPexels/Basil MK

Kanker paru umumnya diderita oleh perokok aktif. Penggunaan cerutu dan merokok disebut sebagai penyebab paling umum dari kanker paru.

Kanker paru dapat berkembang karena adanya racun yang masuk ke dalam paru-paru. Masuknya racun tersebut dapat disengaja maupun tidak sengaja.

Risiko seseorang terkena penyakit kanker mematikan ini akan terus bertambah selama orang tersebut masih aktif merokok.

2. Perokok pasif juga dapat terjangkit

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPBANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Nyatanya, tak hanya perokok aktif yang dapat terkena penyakit mematikan satu ini. Perokok pasif juga dapat terserang kanker paru karena ada racun dari rokok yang secara tidak langsung masuk ke dalam tubuhnya.

Selain itu, dilansir Hellosehat.com, terapi radiasi untuk mengobati jenis kanker lain yang ada dalam tubuh yang ditujukan ke bagian dada juga dapat memicu terciptanya kanker paru ke dalam tubuh.

Baca Juga: Berobat Kanker ke Guangzhou, Tagar #DoaBuatSutopo Populer di Twitter 

3. Dari stadium 1A hingga stadium 4

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPBTwitter/@Sutopo_PN

Kanker paru dengan sel besar berawal dari Stadium 1A dimana kanker ditemukan di lapisan terdalam paru dan juga di jaringan paru lebih dalam, hingga Stadium 4 dimana kanker telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Dikutip dari Hellosehat.com, adapun tahapan stadium kanker paru adalah sebagai berikut.

Stadium 1A. Kanker ditemukan pada lapisan terdalam paru dan ditemukan pula di jaringan paru yang lebih dalam.
Stadium 1B. Kanker telah tumbuh lebih besar dan lebih dalam pada jaringan paru. Tumor telah menyebar ke bagian bronkus utama namun belum menyerang kelenjar getah bening. Pengobatan kanker paru stadium 1A/1B dapat dilakukan melalui operasi dan kemoterapi.
Stadium 2A. Tumor dengan diameter kurang dari 3 cm telah menyebar ke kelenjar getah bening yang berada pada sisi yang sama dengan daerah tumor.
Stadium 2B. Tumor belum menyebar ke kelenjar getah bening, namun telah menyerang dinding dada, bronkus utama, pleura, diafragma, atau jaringan jantung. Kanker juga telah menyebar ke kelenjar getah bening dan salah satu kondisi berikut benar-benar terjadi; diameter tumor lebih dari 3 cm, tumor telah tumbuh dalam bronkus, atau tumor telah tumbuh dalam pleura.
Stadium 3A. Tumor ditemukan di paru serta di kelenjar getah bening di daerah dada bagian tengah. Pada stadium 3A, tumor dapat diangkat melalui pembedahan.
Stadium 3B. Ukuran tumor dapat bervariasi. Kanker paru telah menyerang kelenjar getah bening dan menyebar ke kedua paru, leher, jantung, pembuluh darah besar, atau kerongkongan, sehingga tidak dapat diangkat melalui operasi. Stadium 3B umumnya diobati melalui kemoterapi dan terkadang terapi radiasi.
Stadium 4. Kanker paru telah menyebar ke bagian tubuh lainnya. Stadium 4 merupakan tahap yang paling akhir dari kanker paru.

4. Pola makan mempengaruhi kemungkinan terkena kanker paru

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPBInstagram/@sutopopurwo

Hal lain yang juga menjadi penyebab seseorang terserang kanker paru adalah karena pola makan yang tidak sehat.

Nutrsi berpengaruh besar dalam tubuh setiap orang. Nutrisi dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh.

Nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik akibat pola makan yang tidak sehat akan memicu terciptanya kanker paru dalam tubuh.

5. Dapat menyebar keluar bagian paru-paru

5 Fakta Kanker Paru-paru, Penyakit Ganas yang Diderita Sutopo BNPBInstagram/@sutopopurwo

Kanker paru dengan sel kecil cenderung menyebar secara cepat dan dapat menyebar keluar bagian dada. Kanker ini dibagi dalam dua tahap, stadium dini dan stadium lanjut.

Pada stadium dini, kanker paru dibatasi pada satu sisi dada. Sedangkan pada stadium lanjut, kanker paru telah menyebar di luar dada. Dapat menyebar ke bagian hati, kelenjar adrenal, tulang, bahkan otak.

Sutopo dikabarkan bertolak ke Guangzhou, China beberapa hari yang lalu untuk mengobati sakit kanker yang dideritanya. Menurut informasi yang dibagikan Sutopo, kanker yang dideritanya telah menyebar hingga ke tulang.

Baca Juga: Kanker Makin Parah, Pak Sutopo Pamit Berobat ke Guangzhou

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Rochmanudin

Just For You