Comscore Tracker

5 Srikandi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

Tiga menteri perempuan Jokowi merupakan petahana

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo telah mengumumkan dan melantik jajaran menterinya di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Pengumuman dilakukan di tangga Istana Merdeka didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Presiden Jokowi masih menempatkan sejumlah perempuan dalam kabinetnya. Namun, pada Kabinet Indonesia Maju jumlah menteri perempuan lebih sedikit dibanding pada Kabinet Kerja periode 2014-2019. Terhitung hanya ada lima perempuan yang lolos menjadi srikandi-srikandi di kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Sementara itu, pada Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla periode lalu, ada delapan menteri perempuan.

Berikut lima srikandi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin:

  1. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi 
  2. Menteri Keuangan Sri Mulyani
  3. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA): I Gusti Ayu Bintang Darmawati
  4. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah
  5. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar

Dari kelima menteri perempuan tersebut, dua berasal dari partai politik yaitu Ida Fauziyah dari PKB dan Siti Nurbaya dari Partai Nasdem. Sedangkan tiga lainnya merupakan tokoh nonpartai politik. Retno merupakan seorang birokrat, Sri Mulyani ekonom, dan I Gusti Ayu Bintang Darmawati memiliki latar belakang sebagai atlet.

Dari kelima srikandi Kabinet Indonesia Maju, tiga merupakan menteri petahana yaitu Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Dua nama lainnya merupakan nama baru. Ida Fauziyah menggantikan Hanif Dhakiri sebagai Menteri Tenaga Kerja. Sedangkan I Gusti Ayu Bintang Darmawati menggantikan Yohana Yembise sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

https://www.youtube.com/embed/gu67B1qOlZU

Baca Juga: Prabowo Subianto Didampingi Putranya Saat Dilantik Jadi Menteri Jokowi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya