Ada Demo Lagi di Patung Kuda, Begini Perubahan Rute TransJakarta

Beberapa layanan harus dihentikan Transjakarta

Jakarta, IDN Times - Demonstrasi menolak Omnibus Law Cipta Kerja yang kembali berlangsung di sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta, membuat PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali menghentikan beberapa layanan, Kamis (22/10/2020).

Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi mengatakan beberapa layanan TransJakarta terpaksa ditutup karena ada penutupan jalan di sekitar lokasi demonstrasi. Namun beberapa layanan lainnya tetap beroperasi dengan diberlakukan modifikasi layanan rute.

Baca Juga: TransJakarta Kembali Beroperasi Hingga Pukul 22.00 WIB Hari Ini

1. Modifikasi rute yang diberlakukan TransJakarta

Ada Demo Lagi di Patung Kuda, Begini Perubahan Rute TransJakartaDok Pribadi

Modifikasi rute dilakukan menyusul langkah yang yang telah dilakukan sejak pukul 08.27 WIB. Berikut modifikasi layanan TransJakarta:

Layanan Stop Beroperasi

1. Rute 5M ( Kp Melayu - Tanah Abang )
2. Rute 1H ( Gondangdia - Tanah Abang )
3. Rute 1R ( Senen - Tanah Abang )

Layanan yang mengalami perpendekan rute Koridor 3 (Kalideres – Pasar Baru). Rute ini diperpendek menjadi Kalideres – Harmoni dan bus berputar di lampu merah pos polisi.

Adapun halte yang tidak melayani adalah Halte Pecenongan, Halte Juanda, Halte Pasar Baru.

Koridor 8A (Harmoni – Grogol)

Koridor ini mengalami perpendekan hanya sampai Halte Harmoni dan bus berputar di lampu merah pos polisi. Halte yang tidak melayani adalah Halte Pecenongan dan Halte Juanda.

Rute 6A dan 6B

Rute 6A (Ragunan - Monas via Monas) dan rute 6B (Ragunan – Monas via Semanggi) mengalami perpendekan rute hmenjadi Ragunan - Tosari. Adapun halte yang tidak melayani adalah Halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

Rute 1A ( PIK - Balaikota )

Rute ini mengalami perpendekan rute menjadi Panai Indah Kapuk – Kota. Berikut daftar halte yang tidak melayani:
- Halte Olimo
- Halte Glodok
- Halte Mangga Besar
- Halte Sawah Besar
- Halte Harmoni
- Halte Monas
- Bus Stop Balaikota.

Rute 5C (PGC - Harmoni)
Rute ini mengalami perpendekan rute menjadi Harmoni – Senen. Ada empat halte yang tidak pelayanan. Keempat halte tersebut adalah Halte Juanda, Halte Pecongan, Halte Harmoni, dan Halte Pasar Baru.

Rute 9D (Pasar Minggu - Tanah Abang)
Rute ini mengalami perpendekan rute menjadi Pasar Minggu – Tosari.

2. Peralihan beberapa layanan rute TransJakarta

Ada Demo Lagi di Patung Kuda, Begini Perubahan Rute TransJakartaBus Transjakarta (IDN Times/Dwi Agustiar)

Selain itu, TransJakarta juga mengalihkan rute yang dilakukan hari ini. Layanan yang mengalami pengalihan rute antara lain:

Koridor 1 (Blok M – Kota)
Arah Kota
Blok M - Sarinah – Lampu merah BI - belok kiri Jl Kebon Sirih - Hotel Milenium - belok kiri - Jl Fachrudin - belok kanan - Jati Baru - Jl Cideng Barat – Lampu merah Tarakan - belok kanan - Petojo – Lampu merah Harmoni - belok kiri - Harmoni - Kota

Arah Blok M
Kota - Harmoni – Lampu merah Harmoni - belok kanan - Petojo – Lampu merah Tarakan - belok kiri - Jl Cideng Timur - Jl Jati Baru – Lampu merah Hotel Milenium - belok kiri - Jl Kebon Sirih – Lampu merah BI belok kanan - Sarinah - Blok M

Adapun halte yang tidak pelayanan antara lain Halte Monas dan Halte Bank Indonesia (BI)

Koridor 2 (Pulogadung – Harmoni)
Arah Pulogadung
Harmoni belok kiri - Pecenongan - Juanda – Lampu merah Almabar - belok kanan - Budi Utomo - Central Senen belok kiri – Pulogadung. Halte yang melayan antara lain Halte Monas, Halte Gambir 2, dan Halte Kwitang

Arah Harmoni
Pulogadung - Central Senen - belok kanan - Jl Gunung Sahari - Halte Budi Utomo – Lampu merah Golden Truli belok kiri - Jl KH Samanhudi - Sawah Besar belok kiri - Harmoni.

Halte yang tidak melayani di rute ini adalah Halte Atrium, Halte RSPAD, Halte Deplu, Halte Gambir 1, Halte Istiqlal, Halte Juanda, dan Pecenongan.

3. Jalur TransJakarta lainnya masih beroperasi dengan normal

Ada Demo Lagi di Patung Kuda, Begini Perubahan Rute TransJakartaBus listrik TransJakarta mulai diuji coba pada Senin (6/7/2020) (Dok. IDN Times/Humas TransJakarta)

Prasetia mengatakan selain rute-rute yang telah disebutkan, layanan TransJakarta lainnya berjalan normal. TransJakarta juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional TransJakarta hari ini.

"Layanan akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif, serta dapat dilintasi armada bus," ujar Prasetia dalam keterangan tertulis, Kamis (22/10/2020).

TransJakarta mengimbau agar para pelanggan berhati-hati, waspada dan selalu mengutamakan keselamatan.

Baca Juga: Daftar Rute TransJakarta yang Berubah karena ada Demo BEM SI Hari Ini

Topik:

  • Rochmanudin
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya