Angkasa Pura II Layani 3 Juta Penumpang Selama Mudik

#ramadanmasakini Jumlah penumpang pesawat naik signifikan

Jakarta, IDN Times - Usai momentum arus mudik Lebaran, kini giliran arus balik. Selama arus mudik, PT Angkasa Pura II (Persero) telah melayani tiga juta penumpang.

Angkasa Pura mencatat puncak arus mudik di seluruh bandara terjadi pada H-6 atau pada 9 Juni 2018. Pergerakan penumpang mencapai 352.801 penumpang dengan pergerakan pesawat 2.432 pergerakan.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, "Dalam periode arus mudik Angkutan Lebaran hingga saat ini, AP II telah melayani lebih dari 3 juta penumpang, dimana hal tersebut meningkat cukup signifikan dari 2017 yang hanya 2,9 juta penumpang."

1. Melayani 3 juta penumpang hingga 1 Syawal 1439 H

Angkasa Pura II Layani 3 Juta Penumpang Selama MudikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

PT Angkasa Pura selama layanan arus mudik angkutan Lebaran 2018 talah melayani 3 juta penumpang. Layanan ini dilakukan di 15 bandara hingga 1 Syawal 1439 H.

Penyelenggaraan operasional dan pelayanan angkutan Lebaran di 15 bandara tersebut berjalan dengan baik dan lancar. Menurut catatan Angkasa Pura jumlah pergerakan penumpang yang meningkat dapat diatasi dengan baik di seluruh bandara yang ada.

2. Peningkatan pergerakan penumpang

Angkasa Pura II Layani 3 Juta Penumpang Selama MudikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pergerakan penumpang, menurut catatan Angkasa Pura dapat dilihat mulai H-8 sampai dengan H1 (7-15 Juni 2018). Di 15 bandara yang dikelola tercatat pencapaian 3.055.831 penumpang.

Angka ini menunjukkan peningkatan 5.15 persen dibandingkan angka tahun lalu pada periode yang sama. Selain itu, pergerakan pesawat juga terjadi pada H-8 sampai H-1 Lebaran. Pertumbuhan tercatat 2,69 persen jika dibandingkan dengan 2017.

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, kata Awaluddin, jumlah pergerakan 1.819.855 penumpang. Kenaikan yang terjadi 105.540 penumpang atau 6.15 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

“Peningkatan jumlah penumpang dan pesawat di seluruh bandara Angkasa Pura II sampai dengan 15 Juni 2018 dibarengi dengan baiknya performa dan pelayanan personel kami di lapangan," kata dia.

"Kami pun mengapresiasi kontribusi pihak maskapai yang telah menyediakan extra flight hingga 653 pergerakan pesawat, untuk melayani para pemudik,” Awaluddin menambahkan.

3. Bersiap untuk arus balik

Angkasa Pura II Layani 3 Juta Penumpang Selama MudikIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mulai dari H+1 Lebaran, Angkasa Pura II akan mulai melayani arus balik hingga H+8 Lebaran. 

Sebanyak 6,3 juta penumpang pesawat akan dilayani dan puncak arus balik diprediksi pada H+3 atau Selasa 19 Juni 2018. 

Angkasa Pura bekerja sama dengan seluruh stakeholder untuk memastikan pelayanan arus balik akan berjalan dengan lancar. Moda transportasi untuk mengantar penumpang ke tempat tujuan dari bandara seperti bus, taksi, kereta bandara, dan transportasi alternatif lainnya juga dipastikan tersedia.

Selain itu, semua personel akan disiagakan di posko angkutan Lebaran di 15 bandara. Hal ini dilakukan untuk menjaga standar operasional dan pelayanan dalam meningkatkan kenyamanan pemudik dan pengguna jasa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya