Comscore Tracker

Arus Balik Lebaran, Kemenhub Perhatikan Aspek Keselamatan Pelayaran

Aspek keselamatan apa saja yang jadi perhatian?

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia memberikan update terbaru informasi terkait arus balik mudik Lebaran 2019. Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono, menyebutkan bahwa pihak Kemenhub menaruk perhatian besar kepada aspek keselamatan pelayaran.

Hal ini disampaikan Djoko di Kantor Kementerian Perhubungan Republik Indonesia di kawasan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada Sabtu (8/6).

1. Beri perhatian pada aspek keselamatan pelayaran

Arus Balik Lebaran, Kemenhub Perhatikan Aspek Keselamatan PelayaranIDN Times/Margith Juita Damanik

"Aspek keselamatan, terkait dengan ini, Menteri Perhubungan memberikan perhatian untuk pelayaran," kata Djoko Sasono kepada awak media.

Menteri Perhubungan disebutkan Djoko telah mengirimkan empat orang eselon satu untuk mengawal keselamatan pelayaran. Ada pun keempat orang tersebut dikirim ke Danau Toba, Ambon dan sekitarnya, Makassar-Selayar dan Balikpapan, serta Pontianak.

"Menteri Perhubungan merasakan bahwa tempat tempat ini adalah yang harus harus dikawal agar supaya keselamatan pelayaran itu tetap tinggi dan masyarakat bisa melakukan perjalanan cara tenang dan selamat sampai di tempat tujuan," kata Djoko.

Baca Juga: Ini Agenda Arus Balik Gratis dari Kemenhub, Catat ya!

2. Aspek keselamatan yang diperhatikan

Arus Balik Lebaran, Kemenhub Perhatikan Aspek Keselamatan PelayaranANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Beberapa hal menjadi fokus Kemenhub terkait dengan aspek keselamatan dalam pelayaran. Sarana menjadi hal pertama yang diperhatikan. "Apakah kapalnya sendiri itu memenuhi persyaratan? Kalau gak, kan, gak akan kita izinkan juga dia berlayar," kata Djoko lagi.

Selain itu, kesiapan fasilitas penunjang di kapal juga menjadi perhatian Kemenhub. "Kemudian juga fasilitas. Terutama life vest itu harus lebih besar daripada jumlah penumpang yang diizinkan umtuk diangkut," kata dia lagi.

3. Memastikan awak yang bertugas dalam kondisi fit

Arus Balik Lebaran, Kemenhub Perhatikan Aspek Keselamatan PelayaranIDN Times/Margith Juita Damanik

Kondisi kebugaran awak kapal yang bertugas juga menjadi perhatian Kemenhub. "Hal-hal lain tentu saja kesiapan daripada crew," kata Djoko. "Crew-nya juga harus dalam kondisi fit sehingga dia memungkinkan untuk melakukan pelayaran itu antara lain yang harus diikuti," lanjut dia.

Cuaca juga menjadi perhatian Kemenhub. Menurut Djoko, keluar atau tidaknya izin pelayaran juga salah satunya ditentukan oleh faktor cuaca.

Baca Juga: Puncak Arus Balik 2019, Bandara Soekarno-Hatta Tambah Area Parkir

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You