#BebaskanSudarto Jadi Trending Twitter Hari Ini

Sudarto kini dalam pendampingan LBH

Jakarta, IDN Times - Tagar #BebaskanSudarto menjadi trending Twitter pagi ini (8/1). Berdasarkan pantauan IDN Times hingga pukul 07.34 WIB, sebanyak 7.336 tweets muncul di Twitter dengan menggunakan Tagar #BebaskanSudarto.

Sudarto adalah seorang aktivis Pusat Studi Antar Komunitas (Pusaka) Padang. Dia ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Sumbar dan ditangkap pada Selasa (7/1).

1. Ditangkap karena diduga melanggar UU ITE

#BebaskanSudarto Jadi Trending Twitter Hari IniIDN Times/Arief Rahmat Sumber : Ditipidsiber Bareskrim Mabes Polri

Pemilik akun Facebook Sudarto Toto ini diduga sejumlah pihak ditangkap pihak Kepolisian Sumbar lantaran unggahan dan tulisannya di Facebook tentang larangan perayaan Natal di Dharmasraya dan Sijunjung.

Polisi menilai unggahan tersebut memiliki unsur ujaran kebencian atas Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA). Atas tuduhan itu, Sudarto dijegal Undang-Undang ITE.

2. Sudarto disebut sebagai wistle blower

#BebaskanSudarto Jadi Trending Twitter Hari IniPresiden Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Rabu 8 Januari 2021 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sejumlah pihak mengatakan Sudarto merupakan sosok yang diduga sebagai wistle-blower terkait adanya larangan natal di dua wilayah di Sumatera Barat, yakni Dharmasraya dan Sijunjung.

Pasal 28 ayat 2 dan Pasal 45 undang-undang ITE disangkakan kepada Sudarto. Warga net di Twitter bahkan tak sedikit yang memention akun Divisi Humas Polri (@DivHumas_Polri) hingga akun presiden Joko "Jokowi" Widodo (@Jokowi).

3. Sudarto dalam pendampingan LBH Padang

#BebaskanSudarto Jadi Trending Twitter Hari IniLambang Lembaga Bantuan Hukum (LBH) (IDN Times/Istimewa)

Menjalani perkaranya, Sudarto kini dalam pendampingan LBH Padang. Direktur LBH Padang, Wendra Rona Putra menilai penangkapan Sudarto ini menjadi salah satu bentuk pembungkaman demokrasi di Indinesia.

"Oleh karena itu kami koalisi pembela HAM Sumbar mengecam tindakan Polda Sumatera Barat yang diduga melakukan kriminalisasi terhadap Sudarto pada hari ini," tulis Koalisi Pembela HAM Sumbar dalam keterangan tertulisnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya