Berani Lawan Mantu Presiden, Salman Alfarisi: Medan Mayoritas Golput

Pasangan Bobby-Aulia unggul menurut hasil quick count

Jakarta, IDN Times - Calon Wakil Wali Kota Medan Salman Alfarisi memberi tanggapan soal dia dan pasangannya, sang petahana Akhyar Nasution yang dianggap berani. Mereka berdua disorot lantaran menantang menantu presiden Joko "Jokowi" Widodo, Bobby Nasution dalam kontestasi politik di Pilkada Medan 2020.

"Sebetulnya kan kondisi pemilihan di kota Medan ini betul-betul jadi sorotan nasional bahkan internasional karena berani melawan mantu presiden," ujar Salman dalam tayangan Mata Najwa di Trans 7 pada Rabu (9/12/2020).

1. Salman singgung soal tingginya tingkat golput di Medan

Berani Lawan Mantu Presiden, Salman Alfarisi: Medan Mayoritas GolputBakal paslon Akhyar Nasution (kanan) dan Salman Alfarisi naik sepeda ke Kantor KPU Medan untuk mendaftar Pilkada 2020. (IDN Times/Indah Permata Sari)

Salman mengatakan meskipun Bobby menang di Medan, itu justru dapat membuktikan kekuatan politik tersendiri. Salman menyinggung perihal dari lebih dari 1,6 juta pemilih yang terdaftar di Medan, tidak sampai 50 persen yang memberikan suaranya hari ini.

"Kalau pun seandainya bang Bobby-Aulia mendapatkan 55 persen misalkan, itu artinya mayoritas penduduk kota Medan tidak memilih beliau," ujar Salman.

"Ini jadi satu kekuatan politik sendiri di kota Medan," ujar dia lagi.

Baca Juga: Bobby-Aulia Ungguli Quick Count, Pengamat: Jangan Euforia Berlebihan

2. Akhyar-Salman masih tunggu hasil real count

Berani Lawan Mantu Presiden, Salman Alfarisi: Medan Mayoritas GolputAkhyar Nasution dan Salman saat mendaftar di KPU Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Menurut Salman, pihaknya masih menunggu hasil perhitungan akurat, baik yang dilakukan oleh KPU maupun PKS sebagai partai yang mendukung mereka.

"Memang fluktuatif. Kadang-kadang Akyar-Salman unggul, kadang-kadang Bobby-Aulia juga unggul. Kami belum bisa memastikan keadaan yang sebenarnya, kami menunggu hasil real count itu sendiri," tuturnya..

3. Hasil sementara Pilkada Medan dimenangkan Bobby-Aulia

Berani Lawan Mantu Presiden, Salman Alfarisi: Medan Mayoritas Golput

Berdasarkan hitung cepat Charta Politika, Pilakda Kota Medan dimenangi oleh menantu Jokowi, Bobby Nasution dan pasangannya Aulia Rahman. Charta Politika mencatat, Bobby-Aulia unggul dengan perolehan 55,23 persen. Sedangkan pasangan petahana Akhyar-Salman mendapat suara sebanyak 44,77 persen.

Baca Juga: Hitung Cepat Pilkada Medan, Kubu Bobby-Aulia: Kita Unggul

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya