Bersiap Terima Air dari Katumpala, Pintu Air Manggarai Masih Siaga 3

Sejumlah wilayah di DKI diminta mewaspadai ketinggian air

Jakarta, IDN Times - Petugas operator Pintu Air Manggarai, Jakarta, bersiap mengantisipasi aliran air yang datang dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Diperkirakan air akan tiba di Pintu Air Manggarai sore ini, Jumat (19/2/2021).

Meski tidak ada persiapan khusus, petugas Pintu Air Manggarai mengaku sudah siap mengamankan kondisi di Pintu Air Manggarai.

"Kita di sini sebagai operator Pintu Air Manggarai selalu stand by selama 24 jam melihat ketinggian-ketinggian air terutama di Katulampa, Depok, hingga Manggarai," kata Operator Pintu Air Manggarai, Karlian Seka, ketika dihubungi IDN Times.

"Serta nanti kita akan melaporkannya ke Comment Center atau PO2, dan mengoperasikan Pintu Air Manggarai ini dengan SOP yang ada," ujar Karlian lagi.

Baca Juga: Bendung Katulampa Siaga 3, Warga di Jakarta Selatan dan Timur Waspada

1. Pintu Air Manggarai masih berstatus Siaga 3

Bersiap Terima Air dari Katumpala, Pintu Air Manggarai Masih Siaga 3(Karlian, Petugas Pintu Air Manggarai) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Karlian menjelaskan, pukul 05.00 WIB hari ini, ketinggian air di Pintu Air Manggarai mencapai 840 cm. "Dan sekarang sudah mulai surut menjadi 760 cm. Sekarang sudah mulai surut lagi," ujar Karlian.

Status di Pintu Air Manggarai hingga kini masih Siaga 3. "Untuk sekarang ini masih memasuki Siaga 3. Karena di atas 750 cm itu masih memasuki Siaga 3," Karlian menjelaskan.

2. Permukaan air naik imbas hujan lebat di DKI pada Jumat dini hari

Bersiap Terima Air dari Katumpala, Pintu Air Manggarai Masih Siaga 3IDN Times/Daffa Maududy Fitranaarda

Ketinggian air Jumat subuh tadi mencapai 840 cm di Pintu Air Manggarai, menurut Karlian, imbas dari hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta.

"Tadi karena hujan lebat. Karena kan hujan dari semalam itu lumayan deras," ujar Karlian. "Itu efeknya di wilayah DKI Jakarta," sambung dia lagi.

3. Sejumlah wilayah diimbau untuk bersiaga

Bersiap Terima Air dari Katumpala, Pintu Air Manggarai Masih Siaga 3Bendung Katulampa (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Hingga saat ini, Karlian mengaku, opertor Pintu Air Manggarai tetap menunggu arahan dan perintah dari Pemprov DKI Jakarta dan BPBD DKI Jakarta sembari terus mengoperasikan pintu air sesuai dengan SOP yang berlaku.

Sejumlah wilayah diimbau untuk waspada terhadap ketinggian air. Terutama daerah yang berada di bantaran sungai.

"Seperti Kalibata, Bidara Cina, Kampung Melayu itu yang harus waspada atas ketinggian-ketinggian air khususnya di DKI Jakarta ini," ujar Karlian.

BPBD DKI Jakarta juga mengimbau sejumlah daerah yang dilalui aliran air Bendung Katumpala untuk terus bersiaga.

Di antaranya Lenteng Agung, Tanjung Barat, Srengseng Sawah, Cikoko, Pejaten Timur, Pengadegan, Rawajati, Kebon Baru, Bukit Duri, Manggarai, Kalisari, Baru, Cijantung, Gedong, Balekambang, Cawang, Cililitan, Kebon Manggis, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

Baca Juga: Kawasan Pintu Air Karet-Sunter Hulu Siaga 2, Warga DKI Diimbau Waspada

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya