Bicara soal Papua, Anita Wahid Ingatkan yang Dilakukan Gus Dur

Keren juga Gus Dur!

Jakarta, IDN Times - Aktivis Perempuan Indonesia Antikorupsi, Anita Wahid menyinggung soal cara Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadapi isu Papua. Anita bercerita soal hal-hal yang dilakukan Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Berkaca dengan apa yg dilakukan Gus Dur. Dari dulu sangat sensitif. Terlalu banyak luka di hati saudara-saudara di sana yang sulit diobati," kata Anita di IDN Media HQ bilangan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan, pada Minggu (20/10).

Menurut Anita, Gus Dur melakukan pendekatan yang sangat berbeda dengan presiden-presiden terdahulunya. Salah satu cara yang dipakai Gus Dur adalah meminta masyarakat Papua datang untuk berdialog.

"Hal yang dilakukan Gus Dur yang mungkin tidak dilakukan presiden lain adalah membuat kebijakan terhadap Papua berdasarkan apa yang butuhkan orang-orang Papua dari mulut mereka sendiri ketimbang dari kacamata negara," kata Anita lagi.

Selain itu, ketika mendatangi tanah Papua, Gus Dur datang datang dengan pengamanan yang minim. Hal ini untuk membuat agar masyarakat tidak merasa terintimidasi. Hal ini dirasa menjadi jalan baik untuk menjadikan masyarakat Papua sebagai partner untuk menyelesaikan masalah, bukan menjadi objek dari masalah tersebut.

Anita mengaku merasa heran.

"Beliau gak punya beban masa lalu, ga ada track record buruk tapi seakan-akan apa yang beliau pikir tentang Papua jauh dari realita," kata Anita.

Baca Juga: Dua PR Krusial Jokowi di Periode Kedua menurut Anita Wahid

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya