Comscore Tracker

BNPB: 230 Rumah Rusak akibat Gempa Flores NTT, 3 Provinsi Terdampak

Kerusakan terparah di Flores, NTT

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 230 rumah rusak berat akibat gempa bumi bermagnitudo 7,4 di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12/2021).

Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan gempa berpusat di 7.95 LS dan 122.24 BT itu juga mengakibatkan satu unit gedung sekolah, dua bangunan tempat ibadah dan satu rumah kepala desa rusak.

"Kerusakan terpantau mulai dari bangunan pagar beton, dinding hingga atap rumah warga," ujar Muhari dalam keterangan pers, Selasa.

Baca Juga: [BREAKING] Kepala BMKG: Gempa di Laut Flores NTT Akibat Patahan Sesar

1. Gempa Flores berdampak hingga ke Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara

BNPB: 230 Rumah Rusak akibat Gempa Flores NTT, 3 Provinsi Terdampak(Dok. BNPB)

Muhari menjelaskan gempa Flores berdampak di tiga provinsi, namun dampak terparah di NTT. Ketiga provinsi antara lain NTT, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Di Provinsi NTT berdampak di Kabupaten, Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Kepulauan Selayar, Kabupaten Buton, Kabupaten Wakatobi, Kabupaten Sabu Raijua, Kota Bau Bau dan Kabupaten Manggarai Barat.

Di Provinsi Sulawesi Selatan, gempa berdampak di Kota Makassar dan Kabupaten Selayar. Sementara, di Sulawesi Tenggara berdampak di Kabupaten Muna.

2. Peringatan tsunami sudah diakhiri

BNPB: 230 Rumah Rusak akibat Gempa Flores NTT, 3 Provinsi Terdampak(Dok. BNPB)

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengakhiri peringatan dini tsunami akibat gempa bumi di Flores. BMKG juga melaporkan adanya gempa susulan.

Hingga saat ini, seluruh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat telah turun ke lapangan, untuk mengkaji dan memonitoring dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi magnitudo 7,4 itu.

Baca Juga: Mengenang Tsunami Flores 12 Desember 1992: 3 Ribu Jiwa Melayang

3. BMKG izinkan warga kembali ke tempat masing-masing

BNPB: 230 Rumah Rusak akibat Gempa Flores NTT, 3 Provinsi Terdampak(Dok. BNPB)

BMKG mengimbau kepada seluruh warga terdampak agar tidak panik dan tetap waspada.

"Memang peringatan dini tsunami telah diakhiri oleh BMKG, tetapi masih ada gempa susulan. Gempa susulan ini bervariasi, tetapi memang skalanya lebih kecil. Untuk itu, memang sudah bisa kembali ke tempat masing-masing tetapi harus tetap selalu waspada," ujar Deputi Bidang Geofisika BMKG, Muhamad Sadly, dalam konferensi pers, Selasa.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya