Comscore Tracker

[BREAKING] Ini Rangkaian Prosesi Pemakaman Habibie di TMP Kalibata

Upacara pemakaman Habibie akan dipimpin oleh Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Kantor Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan perihal tata aturan yang akan berlaku dalam pemakaman Presiden ketiga Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.

"Atas nama negara, besok presiden ketiga Prof. Dr. BJ Habibie akan ditangani negara," kata Ngabalin.

Berdasarkan rapat dengan pihak keluarga yang diwakili oleh adik Habibie, Sujatim Abdurrachman Habibie pria yang akrab disapa Timmy Habibie yang diselenggarakan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan pada Rabu (11/9).

Rapat dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Pada Kamis (12/9), keluarga akan menyerahkan jenazah Habibie kepada Pemerintah pada pukul 12.30 WIB.

Kemudian pada pukul 13.00 WIB jenazah diantar ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. "Diperkirakan perjalanan sekitar 30 menit. Tiba di TMP sekitar 13.30, kemudian pukul 14.00 upacara di Taman Makam Pahlawan yang akan langsung dipimpin bapak Presiden Republik Indonesia," kata Ngabalin.

"InsyaAllah pada pukul 12.30 yang akan mewakili keluarga adalah mas Thareq dan nanti akan diterima negara adalah bapak Prof. Dr. Anwar Usman, Ketua Mahkamah Konstitusi," lanjut dia.

Di Taman Makan Pahlawan, mewakili keluarga, Ilham Habibie akan mewakili keluarga untuk menurunkan tanah pertama kali. Sedang penaburan bunga pertama akan kembali diwakili Timmy Habibie dan kata Sambutan akan disampaikan Thareq Habibie.

"Itu kesepakatan yang kami koordinasi dengan keluarga," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Luhut: Tuhan Punya Rencana yang Baik untuk Habibie

https://www.youtube.com/embed/ooHNupFPm-E

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You