[BREAKING] Menag: Awal Puasa Ramadan 1442 H Jatuh pada Selasa 13 April 2021

Senin malam sudah salat tarawih

Jakarta, IDN Times - Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa (13/4/2021). Penetapan awal Ramadan ini berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama hari ini, Senin (12/4/2021).

"Keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan, tanpa ada dissenting opinion, bersepakat dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April 2021," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai sidang isbat penentuan awal Ramadan yang disiarkan daring hari ini.

Menag mengatakan, sidang isbat dihadiri oleh perwakilan ormas-ormas Islam dan Majelis Ulama Indonesia dan perwakilan negara-negara sahabat.

Ada 13 orang yang di bawah sumpah menyatakan hilal sudah dilihat sehingga diputuskan awal Ramadan 1442 H jatuh pada 13 April 2021.

"Saya selaku Menteri Agama dan atas nama pribadi tentu saja mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim yang menjalankan dan diperbolehkan secara syar'i untuk menjalankan ibadah puasa," ujar Menag.

Dengan dimulainya puasa pada Selasa besok, maka salat tarawih sudah mulai dilaksanakan pada Senin malam ini usai salat isya. 

Baca Juga: MUI: Pasien COVID-19 dengan Gejala Ringan Tetap Wajib Puasa

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya