Comscore Tracker

Buka Acara Forum Rektor, Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next Normal

Sebut krisis paksa Indonesia berkembang dengan cara baru

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebutkan sistem kuliah daring atau kuliah online kini sudah tak lagi jadi hal asing bagi perguruan tinggi dan mahasiswa di Indonesia. Sistem ini bahkan disebut Jokowi akan dilanjutkan menjadi next normal.

"Kuliah daring telah menjadi new normal dan bahkan menjadi next normal," kata Jokowi dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) 2020 secara virtual yang disiarkan di kanal YouTube IPB TV, Sabtu (4/7/2020).

1. Jokowi soroti kuliah daring dari dulu lambat dilakukan

Buka Acara Forum Rektor, Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next NormalPexels.com/Vlada Karpovich

Pandemik COVID-19 memaksa dunia pendidikan untuk tetap berjalan. Sistem daring atau online sejauh ini menjadi opsi paling mungkin untuk dilaksanakan.

"Kuliah daring yang selama ini sangat lambat dijalankan, sekarang sangat-sangat berkembang," kata Jokowi dalam sambutannya. Dia bahkan menyebutkan, sistem kuliah daring yang berlaku selama normal baru ini akan menjadi next normal.

"Akan tumbuh normalitas-normalitas baru yang lebih inovatif dan lebih produktif," kata Jokowi menyampaikan keyakinannya terhadap industri pendidikan pasca-pandemik.

Baca Juga: Komisi X: Masalah Uang Kuliah Saat Pandemik Harus Dibicarakan Bersama

2. Krisis paksa Indonesia berkembang dengan cara baru

Buka Acara Forum Rektor, Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next NormalPresiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

Jokowi berpendapat pandemik COVID-19 memaksa negara berkembang dengan cara-cara yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Termasuk di sektor pendidikan.

"Krisis telah memaksa kita untuk mengembangkan cara-cara baru, membangun norma-norma baru, membangun standar kebaikan dan kepantasan yang baru," kata Jokowi.

Akselerasi teknologi di sektor pendidikan juga sangat terasa di masa pandemik ini.

3. Jokowi: FRI jangan hanya jadi forum komunikasi

Buka Acara Forum Rektor, Jokowi: Kuliah Daring akan Jadi Next NormalPresiden Joko Widodo dalam Konferensi Forum Rektor Indonesia (Dok. IDN Times/Tangkap Layar IPB TV)

"Saya mengajak FRI, Forum Rektor Indonesia, jangan hanya menjadi forum komunikasi. Harus dikemas menjadi forum saling peduli, forum saling berbagi," kata Jokowi memberi pesan pada seluruh rektor Indonesia yang hadir dalam forum.

Banyak hal yang menurut Jokowi dapat dibagi secara daring. Mulai dari berbagai pengaman secara daring, berbagi kurikulum dan silabus, berbagi koleksi perpustakaan daring hingga berbagi dosen dan perkuliahan secara daring.

"Untuk maju bersama, memajukan seluruh mahasiswa di seluruh Indonesia. Ini saya meyakini bisa dilakukan oleh FRI," kata Jokowi.

Baca Juga: Ini Aturan Resmi Kemendikbud soal Keringanan Pembayaran Uang Kuliah

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya