Cerita Mas Menteri Nadiem soal Ekskul Teater Jadi Pondasi Kariernya

Nadiem lulusan United World Colleges (UWC)

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim bercerita, ekstra kurikuler atau ekskul teater yang diikutinya semasa sekolah jadi salah satu aspek fundamental dalam kariernya.

"Buat saya higher teather arts adalah yang paling fundamental buat karier saya sampai sekarang," ujar Nadiem dalam wawancara live di Instagramnya, @nadiemmakarim, bersama aktor muda Indonesia, Iqbaal Ramadhan, Jumat (11/12/2020).

Baca Juga: Turun ke Lapangan, Nadiem Kaget Gaji Guru Honorer Cuma Rp100-300 Ribu

1. Ekskul teater mengajarkan Nadiem soal keberanian dan kepemimpinan

Cerita Mas Menteri Nadiem soal Ekskul Teater Jadi Pondasi KariernyaMendikbud Nadiem Makarim bersiap mengikuti foto bersama seusai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Buat Nadiem, kegiatan teater yang diikutinya saat sekolah mengajarkannya banyak hal. Termasuk soal keberanian dan kepemimpinan yang kini menjadi pondasi fundamental dalam kariernya sebagai Mendikbud.

"Itu (teater) membuat saya menjadi jauh lebih berani dan mengambil risiko di depan orang-orang," ujar Nadiem.

"Saya belajar kepemimpinan, kolaborasi, trust sama tim-tim saya itu dari teater," kata dia lagi.

2. Kombinasi teather art membangun rasa percaya diri mas menteri

Cerita Mas Menteri Nadiem soal Ekskul Teater Jadi Pondasi KariernyaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI (Dok.IDN Times/BKHumas Kemendikbud)

Menurut Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa, ekstra kurikuler teater tidak mudah. Namun, kegiatan ini membantu Nadiem untuk lebih percaya diri.

"Itu berat banget lho buat saya," ujar Mas Menteri pada Iqbaal.

"Itu kombinasi teather art yang membangun rasa percaya diri saya untuk maju di depan ratusan orang untuk perform," lanjut dia.

3. Nadiem dan Iqbaal satu almamater

Cerita Mas Menteri Nadiem soal Ekskul Teater Jadi Pondasi KariernyaLive Instagram Nadiem Makarim bersama Iqbaal Ramadhan (Instagram.com/nadiemmakarim)

Iqbaal dan Nadiem merupakan satu almamater. Keduanya menuntut ilmu di sekolah yang sama, yakni United World Colleges (UWC).

Baik Nadiem maupun Iqbaal, sama-sama mengambil teater sebagai pelajaran yang diminati. Iqbaal sendiri mengambil mata pelajaran lain seperti Bahasa Indonesia, English B, Economic, Environmental Science, dan Math.

Nadiem menyebutkan, portofolio dan pekerjaannya dalam menjalani kegiatan teater terbilang berat.

Baca Juga: Kisah Masa Sekolah Mendikbud, Ternyata Nadiem Pernah Bandel Juga

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya