Comscore Tracker

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah Digusur

Tumbuh jadi remaja dan pemuda yang gemar naik gunung

Jakarta, IDN Times - Cerita masa kecil sering sekali menarik untuk dikenang. Tak terkecuali untuk orang nomor satu di Republik Indonesia, Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Dilansir dari sejumlah sumber, IDN Times mengumpulkan sejumlah cerita masa kecil Jokowi. Bocah yang dulu gemar main di sungai itu kini akan menjadi pemimpin negeri ini untuk kali kedua.

1. Pernah merasakan jadi warga yang digusur

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah Digusur(Presiden Joko "Jokowi" Widodo) IDN Times/Teatrika Putri

Dilansir dari sejumlah sumber, Joko Widodo pernah menyatakan dirinya turut merasakan menjadi warga yang digusur. Kala itu Jokowi kecil dan keluarganya tinggal di bantaran Sungai Kalianyar, Solo, Jawa Tengah.

Pengalaman menjadi warga yang digusur tersebut lantas menjadi semangat dan tekad Jokowi untuk melayani masyarakat Indonesia dan memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia agar tidak mengalami kesulitan seperti yang Jokowi kecil pernah alami.

Siapa sangka bocah yang dulunya tinggal di bantaran sungai tersebut kini akan menjadi Presiden Republik Indonesia untuk kali kedua.

2. Gemar bermain di sungai

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tinggal di bantaran sungai, Jokowi kecil memiliki kesenangan yang sama dengan anak-anak seusianya kala itu. Masa kecilnya, menurut Jokowi, dipenuhi dengan kegembiraan lewat cara-cara yang sederhana.

Jokowi mengaku senang belajar dan bermain di tepi sungai bersama dengan teman-temannya. Dia mengatakan keluarganya memang hidup dengan sederhana. Ayahnya pernah menjadi pedagang kayu di pasar. Hal ini menurut Jokowi membuatnya sudah menjadi dari kehidupan pasar rakyat sejak kecil.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Amin bakal Dilantik, Ini Harapan Komunitas LGBT Surabaya

3. Anak usil yang suka jajan

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ketika perekonomian keluarga Jokowi kecil membaik, sisi nakal nyatanya tak juga luput dari seorang Jokowi kecil. Dia dikenal suka usil terhadap pedagang-pedagang keliling yang lewat di depan rumahnya.

Dilansir dari akun YouTube Presiden Joko Widodo, Jokowi kecil kerap memanggil pedagang makanan apa saja yang lewat di depan rumahnya. Hal ini membuat sang ibu terpaksa membayar jajanan yang dibeli dan dihabiskan Jokowi kecil.

4. Anak pendiam yang suka kesepian kalau ditinggal

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah DigusurInstagram/@jokowi

Jokowi merupakan anak sulung dari empat bersaudara. Tiga saudara kandungnya adalah perempuan. Jokowi mengaku ayah dan ibunya kerap mengajarkan sekolah dapat mengubah hidup anak-anaknya.

Dikutip dari sejumlah sumber, Jokowi kecil dikenal sebagai sosok yang pendiam. Dia kerap sekali menangis ketika ditinggal sendirian di rumah waktu kecil. Disebutkan, Jokowi kecil kerap merasa kesepian jika ditinggal ayah dan ibunya bepergian.

5. Tumbuh menjadi remaja dan pemuda yang gemar naik gunung

Cerita Masa Kecil Jokowi, Main di Sungai hingga Pernah DigusurIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tumbuh menjadi remaja dan pemuda Jokowi dekat dengan alam. Dia gemar mendaki gunung.

Semasa kuliah, sejumlah gunung telah didaki Jokowi muda mulai dari Gunung Lawu, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, hingga Gunung Kerinci.

Ada yang sama-sama jadi anak gunung seperti Jokowi gak, nih?

Baca Juga: Pesan Terselubung Postingan Jokowi soal Kapan Nama Menteri Diumumkan 

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You