Cerita Saksi Mata soal Temuan Tas Diduga Berisi Bom Dekat Istiqlal

Tas itu milik seseorang yang tertinggal di stasiun

Jakarta, IDN Times - Isu suara ledakan dari arah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (16/12) siang, menggegerkan media sosial. Namun, berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, hingga pukul 16.33 WIB kondisi di sekitar Masjid Istiqlal terpantau aman.

Sebelumnya disebut-sebut sebuah tas mencurigakan ditemukan di sekitar Jalan Veteran 1 Jakarta Pusat, dekat Masjid Istiqlal. Namun, warga sekitar masjid menepis bahwa tas tersebut berisi bom. Mereka juga menegaskan, tak ada suara ledakan.   

Baca Juga: [BREAKING] Polisi: Tidak Ada Ledakan di Masjid Istiqlal

1. Tas mencurigakan yang diduga berisi bom ternyata milik seseorang yang tertinggal di stasiun

Cerita Saksi Mata soal Temuan Tas Diduga Berisi Bom Dekat IstiqlalMasjid Istiqlal (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menurut salah satu pekerja Masjid Istiqlal, Fajar Setiawan, tidak ada suara ledakan yang terdengar sepanjang Senin ini di sekitar kawasan Masjid Istiqlal. Pria yang sehari-hari bekerja di kawasan ini mengakui, sempat terdengar isu soal tas mencurigakan yang diduga bom.

Tapi ternyata, "itu tas milik anak pejalan (seseorang yang tengah berpergian) yang ketinggalan di stasiun," kata Fajar kepada IDN Times. "Kan di sosial media katanya isi bom. Gak, itu isinya pakaian-pakaian aja," lanjut dia.

Menurut Fajar, sempat ada sejumlah petugas keamanan yang mendatangi kawasan ini. Begitu informasi soal bom hanya isu belaka, petugas lantas meninggalkan lokasi.

2. Lokasi tempat temuan sempat diberi garis polisi dan Gegana geledah isi tas yang dianggap mencurigakan

Cerita Saksi Mata soal Temuan Tas Diduga Berisi Bom Dekat IstiqlalIDN Times/Margith Juita Damanik

Sukijan, pedagang kaki lima di kawasan Masjid Istiqlal yang sekaligus menjadi saksi dari kejadian ini mengatakan, awalnya ada tas koper mencurigakan ditemukan di sekitar Jalan Veteran I.

Karena takut, warga akhirnya melaporkan ke pos polisi dekat Juanda temuan tersebut. "Warga takut isinya bom, jadi mereka inisiatif lapor ke polisi. Langsung Kapolsek Gambir turun ke lapangan dan Gegana langsung datang,” kata Sukijan.

Sukijan menegaskan, tak mendengar suara ledakan yang diduga bom. “Tidak ada suara ledakan ah, biasa aja,” kata dia.

Masih kata Sukijan, area tempat kejadian perkara sempat diberi garis polisi. Namun setelah Gegana memeriksa isi koper, situasi dinyatakan aman dan garis polisi dilepas.

3. Polda Metro Jaya tegaskan tak ada ledakan

Cerita Saksi Mata soal Temuan Tas Diduga Berisi Bom Dekat IstiqlalKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Tidak hanya saksi mata, Polda Metro Jaya juga sudah menegaskan tak ada ledakan di kawasan Istiqlal Jakarta.

"Itu laporan masyarakat ada tas tertinggal, kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian. Kemudian pihak kepolisian secara SOP bahwa memang ada temuan mencurigakan, turunlah tim Gegana ke sana untuk mengecek benda tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusri Yunus.

Tas tersebut, menurut Yusri, sudah diamankan oleh pihak berwajib. "Tidak ada ledakan sama sekali, bohong, itu isinya baju-baju," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [BREAKING] Humas Istiqlal: Aman, Tak Ada Ledakan di Dekat Masjid

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya