Curhat Nadiem Makarim: Jadi Mendikbud Tugas Terberat Dalam Hidup Saya

Jadi menteri paling muda dengan background berbeda gak mudah

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengakui tugas sebagai menteri adalah tanggung jawab terberat yang pernah dirasakan sepanjang hidupnya.

Hal ini diungkapkan Nadiem Makarim dalam wawancara eksklusif bersama IDN Times pada Selasa (1/9/2020).

"Apakah ini tugas yang sulit? Ya ini tugas tersulit yang pernah saya alami di hidup saya," kaa Nadiem.

1. Curhat Nadiem soal kali pertama bertugas di pemerintahan

Curhat Nadiem Makarim: Jadi Mendikbud Tugas Terberat Dalam Hidup Saya(IDN Times/Kevin Handoko)

Sebelum menjadi Mendikbud, Nadiem dikenal sebagai CEO salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Gojek. Dia mengaku ini kali pertama dalam hidupnya terjun ke birokrasi pemerintahan.

"Pertama kali masuk pemerintah, paling muda, dari background yang sangat berbeda. Pertama kali mengenal birokrasi, dengan tantangan pendidikan yang begitu berat, lalu pandemik keluar," ujar Nadiem. 

"Tapi siapa pun di posisi ini pasti akan mengalami tugas tersulit di dalam hidupnya dia," lanjutnya.

Baca Juga: Mas Menteri Nadiem Akhirnya Punya Medsos, Ini 8 Unggahan Pertamanya

2. Tim yang dimiliki Nadiem menjadi motivasi terbesarnya tiap hari

Curhat Nadiem Makarim: Jadi Mendikbud Tugas Terberat Dalam Hidup SayaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI (Dok.IDN Times/BKHumas Kemendikbud)

Meski begitu, di masa-masa sulit yang dialami Nadiem, dia memiliki support system yang luar biasa, yang tak lain adalah seluruh jajaran tim Kemendikbud.

"Saya tiap hari termotivasi dengan tim saya," kata Nadiem.

Hal lain yang memotivasi Nadim untuk mengerjakan yang terbaik sebagai Mendikbud tiap harinya juga datang dari guru-guru yang bergerak di lapangan, para siswa yang menemukan berbagai macam kreasi belajar, serta orang tua murid yang menemukan modul-modul baru di luar kurikulum sekolah dan terbukti efektif.

"Alhamdulillah saya punya atasan yang luar biasa, yaitu Pak Presiden. Dan Alhamdulillah banyak sekali menteri-menteri di masa krisis ini yang mendukung kami dan memberikan dukungan dan support," ujar Nadiem.

"Dan itu yang sebenarnya dibutuhkan di masa krisis," lanjut Mas Menteri, begitu Nadiem akrab disapa.

3. Menurut Mas Mentri bukan perkara mudah untuk melakukan perbaikan di sektor pendidikan

Curhat Nadiem Makarim: Jadi Mendikbud Tugas Terberat Dalam Hidup SayaMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan proogram Merdeka Belajar: Kampus Merdeka (Dok.IDN Times/Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud)

Mas menteri mengatakan dunia pendidikan menjadi salah satu sektor yang rumit untuk melakukan perbaikan. Termasuk di Indonesia.

"Sebelum pandemik aja tantangan di dunia pendidikan kita itu sudah luar biasa besarnya. Bayangkan dengan pandemik," ujar dia.

"Jadinya buat saya secara personal berat. Ini amanah yang begitu berat. Terberat yang saya pernah alami di hidup saya," imbuhnya.

Baca Juga: Nadiem: Belum Ada Tolak Ukur Kesuksesan PJJ Selama Pandemik COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya