Dear Mahasiswa, Mas Menteri Pastikan Gak Ada Paksaan Wajib Militer Ya!

Pelatihan perwira sifatnya tidak wajib, tapi sukarela

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, dengan tegas menyebutkan tidak ada pembahasan mengenai wajib militer bagi mahasiswa di Indonesia.

Hal ini diungkapkan Mendikbud sebagai bentuk klarifikasi dari maraknya informasi yang tersebar.

"Tidak ada yang namanya wajib militer. Tidak ada yang namanya pemaksaan kurikulum apa pun itu, militer atau bela negara, di dalam universitas," uar Nadiem Makarim dalam rapat kerja bersama komisi X DPR RI Kamis (27/8/2020).

1. Pembahasan bersama Kementerian Pertahanan bukan tentang wajib militer

Dear Mahasiswa, Mas Menteri Pastikan Gak Ada Paksaan Wajib Militer Ya!Menteri Pendidikan dan kebudayaan, Nadiem Makariem dalam Raker bersama Komisi X DPR (YouTube.com/DPR RI)

Mendikbud menegaskan, pembahasan dan diskusi yang dilakukan bersama dengan Kementerian Pertahanan bukan mengenai rencana pemberlakuan wajib militer.

Menurut Nadiem, pembahasannya mengenai terbukanya peluang bagi mahasiswa untuk mengambil program pelatihan perwira secara sukarela dan dihitung masuk ke dalam SKS perkuliahannya.

Sama seperti terbukanya peluang untuk mahasiswa melakukan praktik kerja magang di perusahaan selama satu semester atau pertukaran pelajar antar universitas selama satu semester.

"Jadi volunteer. Sukarela. Mana mungkin kita mendorong Merdeka Belajar lalu mulai memaksa-maksa lagi mahasiswa dan anak-anak untuk dipaksa belajar (militer)," ucap Nadiem.

Baca Juga: Survei: Warga Pilih COVID-19 Ditangani Sipil daripada Militer

2. Mendikbud sebut isu wajib militer hanya spekulasi

Dear Mahasiswa, Mas Menteri Pastikan Gak Ada Paksaan Wajib Militer Ya!armyupress.army.mil

Dalam rapat kerja bersama dengan Komisi X DPR, Mas Menteri, begitu Nadim akrab disapa, menyebutkan isu panas mengenai wajib militer hanya merupakan spekulasi belaka.

"Itu sama sekali tidak jadi bahan diskusi dan itu adalah spekulasi saja," kata Nadiem.

Mas Mantri juga mengaku kaget karena pemberitaan tersebut menjadi panas diperbincangkan di tengah masyarakat. Menurut dia, usulan untuk pelatihan perwira bagi mahasiswa sifatnya murni sukarela.

3. Sempat berembus isu wajib militer untuk mahasiswa

Dear Mahasiswa, Mas Menteri Pastikan Gak Ada Paksaan Wajib Militer Ya!Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim memaparkan Merdeka Belajar Episode 4: Program Organisasi Penggerak (YouTube/KEMENDIKBUD RI)

Beberapa waktu lalu sempat panas berembus isu akan adanya pendidikan wajib militer bagi mahasiswa di Indonesia. Hal ini lantas langsung memantik respons dari masyarakat.

Pihak Kementerian Pertahanan juga sebelumnya sudah sempat melakukan klarifikasi bahwa yang akan dilakukan bukan program wajib militer namun hanya menggodok program bela negara yang sifatnya sukarela.

Penerapan wajib militer jika benar dilakukan berpeluang untuk bertabrakan dengan konsep Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang sejak awal sudah digalakkan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud.

Baca Juga: Nadiem Ingin Merdeka Belajar Jadi Pekik Revolusi Sabang- Merauke

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya