Demo Omnibus Law Memanas, Tagar Mahasiswa Bergerak Puncaki Twitter!

Mahasiswa suarakan penolakan terhadap UU Cipta Kerja

Jakarta, IDN Times - Tanda pagar #MahasiswaBergerak menjadi trending topic Twitter pada Kamis (8/10/2020) siang. Trending ini ramai sejalan dengan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa di depan Istana Negara.

Puncak aksi demonstrasi memprotes atas disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja terjadi hari ini (8/10/2020) di depan gedung DPR MPR Senayan dan Istana Negara. Tak hanya mahasiswa, buruh lembaga swadaya masyarakat dan berbagai elemen aktivis lainnya juga turun ke jalan.

1. Gerakan mahasiswa kuasai trending topic Twitter

Demo Omnibus Law Memanas, Tagar Mahasiswa Bergerak Puncaki Twitter!Trending Topic Twitter Masih Dikuasai Terkait Omnibus Law (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Hingga pukul 14.45 WIB, #MahasiswaBergerak menjadi trending topic pertama di Twitter Indonesia. Ada 1,6 juta twit terkait dengan tagar ini.

Ada pun twit yang menggunakan tagar ini berisikan berbagai informasi terkait dengan gerakan mahasiswa hari ini. Termasuk video yang menunjukkan pergerakan mahasiswa mau pun bentrok antara mahasiswa dan aparat di sejumlah titik.

Tak hanya #MahasiswaBergerak, tagar lain tentang gerakan mahasiswa turut menjadi trending topic seperti #HIDUPMAHASISWA dan #MahasiswaMelawan. Lebih dari 22 ribu twit tercatat menggunakan #HIDUPMAHASISWA dan lebih dari 7 ribu twit berisikan #MahasiswaMelawan.

Baca Juga: Satgas Ingatkan Demo Berpotensi Munculkan Klaster Baru COVID-19

2. Ada sedikitnya 5.000 mahasiswa yang turun ke jalan

Demo Omnibus Law Memanas, Tagar Mahasiswa Bergerak Puncaki Twitter!Mahasiswa dari berbagai elemen yang tergabung dalam Sidoarjo Melawan berunjuk rasa di depan kantor DPRD Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (8/10/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Anggota Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Rizky menyebutkan, ada sedikitnya 5000 mahasiswa yang turut dalam Aksi Nasional yang digerakkan BEM SI.

"Ada sekitar 5 ribu mahasiswa," ujar Rizky ketika dihubungi IDN Times pada Kamis (8/10/2020).

"Namun sekarang masih ada yang dicegat untuk putar balik, sehingga untuk menuju tempat lokasi harus mencari jalan alternatif," ujar Rizky menyampaikan situasi di lokasi aksi mahasiswa.

3. Gerakan aksi mahasiswa saling mendukung

Demo Omnibus Law Memanas, Tagar Mahasiswa Bergerak Puncaki Twitter!Massa dipukul balik oleh petugas Polisi agar kembali ke rumah di kawasan Jalan Gerbang Pemuda (IDN Times/Lia Hutasoit)

Mendukung gerakan mahasiswa beberapa akun pencinta KPop bahkan mengajak pengikutnya untuk sementara waktu tidak menggunakan tagar berbau KPop. Gerakan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa yang turun aksi.

Aliansi BEM SI sepakat menolak pengusahaan alternatif lain seperti judicial review dan mendesak presiden untuk mengeluarkan Perpu pembatalan Undang-undang Cipta Kerja. BEM SI menilai pengesahan UU Cipta Kerja menguntungkan bagi para pengusaha dan merugikan bagi masyarakat kecil.

Baca Juga: Demo UU Ciptaker di Jababeka, 1 Mahasiswa Kritis karena Luka di Kepala

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya