Demonstrasi di Timika Mulai Ricuh, Massa Lempari Gedung DPRD

Massa terprovokasi Ketua DPRD dan Bupati tak kunjung datang

Jakarta, IDN Times - Warga Timika yang ikut turun ke jalan untuk menyuarakan gerakan anti rasialisme mulai melempari gedung DPRD Mimika dengan batu, Rabu  (21/8) pagi ini.

Dilansir Antara, aksi yang semula mengusung misi damai kini mulai ricuh. Lemparan batu terlihat mengarah ke gedung DPRD Mimika yang berlokasi di Jalan Cenderawasih Kota Timika, mulai sekitar pukul 13.00 WIT.

Aparat kepolisian terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan untuk meredakan amukan massa. 

Disebutkan, massa ricuh karena kecewa telah menunggu lama kehadiran Ketua DPRD Mimika dan Bupati Mimika, namun tak juga terlihat di hadapan massa.

Dalam aksi kali ini, disebutkan lebih dari seribu orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Mimika, turun ke jalan sejak Rabu pagi untuk menyuarakan gerakan anti-rasisme.

Gerakan ini dilakukan terkait dugaan tindakan rasialisme yang dialami mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Provinsi Jawa Timur pada Jumat (16/8) lalu.

Massa berkumpul di depan Kantor DPRD Mimika. Semula suasana terlihat damai, namun setelah beberapa jam Bupati dan Ketua DPRD Mimika tak juga hadir, massa menjadi terprovokasi dan melakukan tindakan anarkis.

Situasi belum kondusif. Massa masih melempar gedung DPRD meski aparat sudah melepas tembakan peringatan.

Baca Juga: Ricuh Meluas, Demonstran di Fakfak Papua Bakar Sejumlah Kios

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya