Fakta-Fakta Unik di Balik Pertemuan Kembali Megawati dengan SBY

Apakah Megawati akan bertemu SBY lagi?

Jakarta, IDN Times - Pemakaman Ani Yudhoyoni di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (2/6), menjadi momentum pertemuan Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang selama ini disebut-sebut memiliki hubungan yang renggang.

Pertemuan ini menjadi salah satu dari segelintir pertemuan Megawati dan SBY. Hadir dalam pemakaman Ani Yudhoyono, Megawati tampak ditemani putrinya, Puan Maharani yang juga menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

1. Megawati berjabat tangan dengan SBY dan duduk berdekatan

Fakta-Fakta Unik di Balik Pertemuan Kembali Megawati dengan SBYIDN Time/Gregorius Aryodamar P

Ketika menghadiri pemakaman Ani Yudhoyono, Megawati tampak menjabat tangan SBY. Bersama sejumlah pejabat yang juga hadir, ketua umum PDIP itu menyambut kehadiran ketua umum Partai Demokrat dan langsung menyalaminya.

Megawati duduk di antara Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie dan Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Widodo, atau  hanya tersekat Iriana.

Baca Juga: SBY: Usai Pilpres, Hubungan Saya dengan Megawati Tetap Baik

2. Megawati berbincang dengan SBY

Fakta-Fakta Unik di Balik Pertemuan Kembali Megawati dengan SBYIDN Times/Denisa

Mengenakan kebaya hitam dan selendang batik, Megawati tampak berbincang dengan SBY.

Tak hanya menjabat tangan dan berbincang, Megawati juga melemparkan senyuman kepada SBY. Pertemuan kedua mantan presiden ini kerap dinantikan masyarakat, utamanya pasca-pemilihan presiden 2004.

3. Pernah bertemu di TMP Kalibata

Fakta-Fakta Unik di Balik Pertemuan Kembali Megawati dengan SBYIDN Times/Denisa Tristianty

SBY dan Megawati sebelumnya sempat bertemu di lokasi yang sama, Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Pertemuan tersebut berlangsung pada upacara pemakaman suami Megawati, Taufiq Kiemas pada 9 Juni 2013. 

Saat itu, SBY yang menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia bertindak sebagai inspektur upacara. Setelahnya, SBY mengucapkan bela sungkawa langsung kepada Megawati dan menyalaminya.

Baca Juga: Megawati Beri Penghormatan Terkahir kepada Ani Yudhoyono

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya