GP Ansor Apresiasi Kinerja MK dan Dukung Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo

Masyarakat diajak bersama membangun negeri

Jakarta, IDN Times - Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor memberikan apresiasi tinggi kepada para hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dan sejumlah pihak yang bersengketa, sehingga bisa mengawal keputusan MK dengan damai. MK telah membacakan putusan atas sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 pada Kamis (27/6) malam lalu.

“Sembilan hakim MK telah memberikan teladan tentang prinsip negara hukum, dengan keputusan yang berlandaskan kecermatan dan ketelitian melihat fakta hukum,” ujar Ketua Umum PP GP Ansor, Yaqut Cholil Qoumas, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (28/6).

Baca Juga: Menang di MK, Ini Tantangan Terbesar Jokowi-Ma'ruf Berikutnya

1. Yaqut ajak masyarakat bersama membangun negeri

GP Ansor Apresiasi Kinerja MK dan Dukung Rekonsiliasi Jokowi-PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar

Yaqut mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja kembali sesuai profesinya. Juga agar tiap elemen masyarakat dapat bersama-sama membangun negeri.

“Keputusan MK yang sifatnya final dan mengikat memberi arti kepada kita untuk menyudahi perbedaan pilihan politik. Mari sama-sama membangun negeri dan selamat bekerja kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf yang akan memimpin Indonesia lima tahun ke depan,’’ kata Yaqut.

2. Kedua pasangan calon sudah menyampaikan pernyataan politik

GP Ansor Apresiasi Kinerja MK dan Dukung Rekonsiliasi Jokowi-PrabowoANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Setelah MK mengumumkan putusan sidang sengketa Pilpres 2019, kedua kandidat calon presiden dan calon wakil presiden memberikan pernyataan politik.

Joko "Jokowi" Widodo memberikan pernyataan politik di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, sebelum bertolak ke Jepang untuk menghadiri KTT G20 di Osaka.

Sedang Prabowo Subianto memberikan pernyataan politik di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

“Pidato dua tokoh bangsa tadi malam memberikan sinyal kepada kita bahwa keputusan MK sudah diterima oleh kedua kontestan. Pak Prabowo pun sudah memberikan contoh pembelajaran politik yang baik dengan mengakui keputusan MK,” kata Yaqut.

3. GP Ansor dukung rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo

GP Ansor Apresiasi Kinerja MK dan Dukung Rekonsiliasi Jokowi-PrabowoANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Gus Yaqut, begitu ia akrab disapa, yakin bahwa kebesaran hati Prabowo dan Sandiaga memiliki visi yang sama dalam membangun Indonesia ke depan, mewujudkan Indonesia yang lebih baik, lebih maju, adil, dan sejahtera.

GP Ansor mendukung upaya rekonsiliasi antara dua pihak demi tegaknya persatuan Indonesia.

“Pak Jokowi dan Pak Prabowo selama ini bersahabat baik. Mereka berdua adalah negarawan, tahu saatnya berkompetisi dan saatnya berangkulan seiring sejalan. Jalan rekonsiliasi Insyaallah sebentar lagi terwujud,” kata Gus Yaqut.

4. Tugas berat menanti Jokowi-Ma'ruf Amin

GP Ansor Apresiasi Kinerja MK dan Dukung Rekonsiliasi Jokowi-PrabowoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Yaqut, tugas berat sudah menanti pasangan presiden dan wakil presiden terpilih untuk periode 2019-2024, Jokowi dan Ma’ruf Amin, untuk membangun bangsa.

“Seperti pidato Pak Jokowi di Halim bahwa Beliau dan Kiai Ma'ruf adalah presiden dan wakil presiden terpilih untuk seluruh rakyat Indonesia. Pak Prabowo juga berjanji memberikan kontribusi dengan setia kepada konstitusi dan memikirkan kepentingan bangsa yang lebih besar,” tutup Gus Yaqut.

Baca Juga: Pengamat: Demokrat dan PAN akan Segera Merapat ke Koalisi Jokowi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya