Gugus Tugas: Kurva Penyebaran COVID-19 Pekan Ini Melandai

Ajak masyarakat sama-sama berperang melawan COVID-19

Jakarta, IDN Times – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menjelaskan cara agar Indonesia dapat menciptakan kurva landai dalam perkembangan penyebaran COVID-19.

Hal ini disampaikan Wiku dalam konferensi pers online bertajuk “Gerakan Kurva Landai” yang ditayangkan di kana YouTube BNPB Indonesia, Sabtu (9/5). Dia juga menjelaskan soal kondisi perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia yang berpeluang semakin menurun.

1. Ajak masyarakat ubah perilaku untuk landaikan kurva

Gugus Tugas: Kurva Penyebaran COVID-19 Pekan Ini MelandaiPetugas medis Puskesmas Pandan saat mencuci tangan warga guna menghindari penyebaran virus Covid-19 (IDN Times/Hendra Simanjuntak)

Wiku mengajak masyarakat Indonesia untuk bergerak membuat kurva penyebaran COVID-19 landai. “Satu-satunya cara untuk melandaikan kurva adalah memastikan bahwa kita tidak menularkan dan orang lain tidak menularkan pada kita,” kata Wiku dalam pemaparannya.

Mengubah perilaku sesuai dengan anjuran WHO dan pemerintah menurut Wiku menjadi salah satu jalan. Mulai dari menjaga jarak (physical distancing), cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker, dan menjaga imunitas tetap tinggi. “Kalau kita semua melakukan hal yang sama maka virus itu tidak akan mampu menulari antarmanusia,” kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA-2] Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di Indonesia

2. Kurva mingguan cenderung melandai

Gugus Tugas: Kurva Penyebaran COVID-19 Pekan Ini MelandaiKetua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (YouTube.com/BNPB Indonesia)

Wiku menyebutkan gerakan kurva landai hanya akan optimal berjalan bila semua masyarakat bersedia mengubah perilaku sesuai dengan aturan. Kuncinya menurut dia adalah bergerak bersama-sama.

Berdasarkan data yang ditampilkan Wiku, dari 10 provinsi di Indonesia dari kurva mingguan dapat dilihat kasus COVID-19 cenderung mengalami penurunan. “Kita melihatnya bukan akumulatif terus, yang menaik. Kalau kita lihat gambaran per minggu, ini gambaran realistis. Ada kecenderungan menurun,” kata Wiku menjelaskan.

3. Meningkatkan imunitas untuk menjaga ketahanan melawan COVID-19

Gugus Tugas: Kurva Penyebaran COVID-19 Pekan Ini MelandaiIDN Times/Alfisyahrin Zulfahri Akbar

Berperang melawan COVID-19, Wiku menyebutkan masyarakat harus memiliki ketahanan. “Jangan cepat-cepat berkesimpulan,” kata Wiku. “Seluruh pimpinan daerah harus memastikan masyarakatnya dikendalikan supaya betul-betul bisa menang melawan COVID ini,” lanjut dia.

Salah satu cara yang dapat membuat rakyat Indonesia memiliki ketahanan yang kuat untuk menghadapi pandemik ini adalah dengan bersama-sama menjaga dan meningkatkan imunitas. “Insya Allah bisa memenangkan perlawanan dan membuat kurvanya melandai,” kata Wiku.

“Jangan stres, biasa aja melawan virus ini. Caranya cuman begitu. Nanti virusnya bingung sendiri kok,” tambah dia seraya tertawa.

Baca Juga: Ada COVID-19, Angka Kemiskinan di Indonesia Diprediksi Naik 12 Persen

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya