Gunung Lawu Terbakar, 200 Pendaki Dievakuasi dengan Selamat

Petugas alami kendala memadamkan api

Jakarta, IDN Times - Kawasan hutan dan alang-alang di kawasan Gunung Lawu terbakar. Titik api terlihat di kawasan hutan Bukit Mongkrang, Dusun Tlogo Dlingu, Gondosuli, Tawangmangu, Kabupaten Karangayar, Jawa Tengah.

Lokasi terjadinya kebakaran berada jauh dari permukiman warga. Meski demikian warga diimbau agar tidak mendekat ke Gunung Lawu. Petugas berusaha memadamkan api, meski dengan medan yang berat.

1. Sebanyak 200 pendaki berhasil dievakuasi dengan selamat

Gunung Lawu Terbakar, 200 Pendaki Dievakuasi dengan SelamatIDN Times/Margith Damanik

Ada 200 pendaki Gunung Lawu yang dievakuasi. Seluruhnya berhasil dievakuasi dengan selamat. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitternya (@Sutopo_PN)

Gunung Lawu berstatus berbahaya. “Jangan nekat 1 Suronan ke puncak Gunung Lawu. Berbahaya. Cuaca kering, angin kencang, pohon kering dan mudah terbakar,” tulis Sutopo dalam akun Twitternya.

Baca Juga: Mengapa Mendaki Gunung Itu Selalu Bikin Rindu?

2. Jalur pendakian ditutup sejak 10 September

Pada siang hari, kebakaran di hutan dan alang-alang Gunung Lawu belum dapat dipadamkan. Karena itu, jalur pendakian ke gunung ditutup mulai hari ini, Senin (10/9).

Belum ada informasi lanjutan sampai kapan jalur pendakian akan ditutup. Hingga saat ini masyarakat dilarang mendekat ke titik terjadinya kebakaran.

3. Beberapa kendala pemadaman terjadi

Medan tempat terjadinya kebakaran tergolong medan yang berat. Hal ini menjadi kendala yang dihadapi saat memadamkan api. Keterbatasan air dan cuaca kering juga menjadi kendala. 

Di lokasi diinformasikan adanya angin kencang, kondisi ini membuat petugas kewalahan untuk memadamkan si jago merah.

Semoga saja api cepat padam ya guys.

Baca Juga: Gunung Anak Krakatau Kembali Menggeliat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya