Comscore Tracker

Gusti Ayu Bintang Darmavati, Istri Mantan Menteri Jadi Menteri PPPA

Mantan atlet tenis meja kebanggaan Bali

Jakarta, IDN Times - Gusti Ayu Bintang Darmavati dipilih Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo untuk mengisi salah satu posisi menteri pada kabinet Indonesia Maju. Jokowi memilih Gusti menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Men PPPA).

Duduk dalam jajaran kabinet, hal menarik dari Gusti Ayu adalah fakta bahwa dirinya merupakan mantan atlet. Tak hanya itu, Gusti Ayu ternyata juga merupakan istri dari mantan menteri di kabinet Jokowi.

Gusti Ayu dilantik menjadi menteri di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (23/10).

1. Mantan atlet tenis meja andalan Bali

Gusti Ayu Bintang Darmavati, Istri Mantan Menteri Jadi Menteri PPPAKemenkop

Gusti Ayu merupakan mantan atlet kebanggaan Bali. Ia dikenal sebagai salah satu atlet tenis meja dan kerap mewakili Bali dalam sejumlah turnamen yang diikutinya.

Pada 2010 lalu, Gusti Ayu tercatat meraih gelar juara dari Kejuaraan Tenis Meja PB Perwosi di GOR Sumantri Brojonegoro, Jakarta. Selain itu, dia juga menjadi perintis dari Kejuaraan Tenis meja antar PKK Banjar se-Kota Denpasar pada 2002 lalu.

Baca Juga: Mantan Atlet Tenis Meja, Kini Gusti Ayu Bintang Jadi Menteri PPPA

2. Istri mantan menteri era Jokowi-JK

Gusti Ayu Bintang Darmavati, Istri Mantan Menteri Jadi Menteri PPPA(Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga) IDN Times/Fitang Aditia Budhi

Dunia birokrasi pemerintahan utamanya kementerian bukan hal baru bagi Gusti Ayu. Pada kabinet kerja periode 2014-2019 masa pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, suami Gusti Ayu dipercaya menduduki kursi menteri.

Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga merupakan suami dari Gusti Ayu. Pada kabinet kerja, dia menjabat sebagai Menteri Koperasi dan UMKM.

Kini, posisi berganti nih, giliran Gusti Ayu yang menjadi menteri.

3. Jadi satu dari lima srikandi kabinet Indonesia Maju

Gusti Ayu Bintang Darmavati, Istri Mantan Menteri Jadi Menteri PPPAPresiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik dengan didampingi istri dan suami mereka di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/foc.

Gusti Ayu dilantik menjadi Menteri PPPA menggantikan posisi Yohana Susana Yembise. Gusti Ayu menjadi satu dari lima srikandi di kabinet Indonesia Maju milik Jokowi-Ma'ruf Amin.

Di jajaran kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin, ada lima perempuan tangguh yang dipercaya menjadi menteri. Mereka adalah Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan, Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dan Gusti Ayu sebagai Menteri PPPA.

Baca Juga: 5 Srikandi di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You