Comscore Tracker

Hore! Kuota Belajar 2021 Segera Cair, Cek Besarannya di Sini

Kuota akan cair tanggal 11-15 tiap bulannya, jangan lupa!

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan kembali membagikan subsidi kuota internet alias Kuota Belajar bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama tiga bulan ke depan.

"Kami akan melanjutkan kebijakan kuota ini selama 3 bulan ke depan. Mulai dari bulan ini yaitu bulan Maret 2021," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 yang digelar secara daring di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI hari ini, Senin (1/3/2021).

1. Yang beda dari Kuota Belajar 2021 kali ini

Hore! Kuota Belajar 2021 Segera Cair, Cek Besarannya di SiniMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 (Youtube.com/KEMENDIKBUD RI)

Ada sedikit perbedaan antara Kuota Belajar 2020 dengan Kuota Data Internet yang dibagikan Kemendikbud pada 2021 ini. Langkah berbeda ini menurut Mendikbud Nadiem diambil setelah melakukan evaluasi dan mendengar masukan dari masyarakat.

Menurut Mendikbud Nadiem, banyak sekali masukan dari masyarakat, untuk meningkatkan fleksibilitas daripada penggunaan kuota internet tersebut.

"Jadi di tahun 2021 kita akan memberikan kuota tapi dengan giga yang lebih kecil daripada kuota belajar sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum," ujar Nadiem.

"Jadinya bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi," sambung dia. Meski demikian ada beberapa laman dan aplikasi yang dibatasi, yakni; situs yang diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika serta sejumlah sosial media (Twitter, Instagram, Facebook, TikTok).

Baca Juga: Anggaran Bantuan Kuota Internet Rp6,6 T, Cek Kamu Dapat Jatah Berapa!

2. Besaran pembagian Kuota Belajar 2021 dari Kemendikbud

Hore! Kuota Belajar 2021 Segera Cair, Cek Besarannya di SiniBesaran Kuota Data Internet untuk Belajar 2021 (Website/kuota-belajar.kemendikbud.go.id)

Bagi peserta didik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Kemendikbud memberikan kuota sebesar 7GB per bulan. Sedangkan peserta didik di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah akan menerima 10 GB per bulan.

Para pendidik di jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar dan Menengah akan menerima Kuota Data sebesar 12 GB per bulan.

Dosen dan Mahasiswa juga tak ketinggalan kebagian Bantuan Kuota Data Internet 2021 dari Kemendikbud sebesar 15 GB per bulan.

Baca Juga: Ganti Nomor HP? Ini Cara Tetap Bisa Dapat Bantuan Kuota Kemendikbud

3. Kuota akan dibagikan tiap tanggal 11-15 tiap bulannya

Hore! Kuota Belajar 2021 Segera Cair, Cek Besarannya di SiniMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam Pengumuman Bantuan Kuota Data Internet tahun 2021 (Youtube.com/KEMENDIKBUD RI)

Kemendikbud menetapkan waktu untuk penyaluran bantuan Kuota Data Internet yang akan diterima pendidik dan peserta didik tiap bulannya.

"Bantuan ini disalurkan setiap bulannya dari tanggal 11 sampai 15, tiap bulannya," ujar Mendikbud Nadiem. Tanggal 11-15 Maret 2021 akan menjadi waktu penyaluran pertama bantuan ini.

"Dan semua kuota itu berlalu seperti biasa selama 30 hari sejak kuota itu diterima," ujar Nadiem.

Baca Juga: Kuota Belajar Terakhir Kemendikbud Didistribusikan, Kamu Sudah Dapat?

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya