Comscore Tracker

Ini Cara Cek Subsidi Kuota dari Kemendikbud di Telkomsel, XL, dan Tri

Yuk coba cek Kuota Belajar kamu. Udah kebagian?

Jakarta, IDN Times - Tahap pertama penyaluran Subsidi Kuota Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dimulai sejak Selasa (22/9/2020). Penyaluran subsidi kuota akan dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun mendatang.

IDN Times menghubungi tiga provider yang turut bekerja sama dengan pemerintah untuk menyalurkan subsidi Kuota Belajar bagi guru, siswa, dosen dan mahasiswa.

Ini langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek bantuan Kuota Belajar jika kamu pelanggan Telkomsel, XL, dan Tri (3).

1. Cara cek kuota belajar untuk pelanggan Telkomsel

Ini Cara Cek Subsidi Kuota dari Kemendikbud di Telkomsel, XL, dan TriTelkomsel bersama Kementerian Agama Republik Indonesia menghadirkan program Madrasah Digital Belajar Jarak Jauh melalui aplikasi cloudX di Jakarta, Senin (21/9/2020). (IDN Times /Istimewa).

Manager Media Relations Telkomsel Kurnia Purwanto menjelaskan bagi pelanggan Telkomsel harus memastikan diri terdaftar di Data Pokok Pendidikan (DAPODIK). Bagi yang telah terdaftar nantinya akan menerima SMS notifikasi (pengirim TELKOMSEL) tentang penyaluran bantuan kuota data internet dari Kemendikbud RI.

Besaran kuota dapat dicek melalui akses menu *888# dan Aplikasi MyTelkomsel.

"Bantuan kuota data internet dari Kemendikbud RI dapat dikombinasikan dengan paket kuota data lainnya dari Telkomsel," kata Kurnia dalam pesan singkat kepada IDN Times, Rabu (23/9/2020).

Kurnia mengatakan, Telkomsel terus melakukan pemantauan atas efektivitas pelaksanaan program, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan para pemangku kepentingan.

"Saat ini, kami masih fokus untuk memastikan masyarakat dapat merasakan kenyamanan dalam melaksanakan aktivitas proses Pembelajaran Jarak Jauh dengan menghadirkan ragam produk dan layanan yang sesuai kebutuhan masyarakat, serta didukung keunggulan teknologi jaringan broadband terdepan yang merata dan tersedia hingga pelosok negeri," ujar dia lagi.

Baca Juga: 4 Hal Penting soal Subsidi Kuota Kemendikbud yang Kamu Perlu Tahu

2. Cara cek untuk pelanggan XL

Ini Cara Cek Subsidi Kuota dari Kemendikbud di Telkomsel, XL, dan Tridok xl axiata

Cek kuota bagi pelanggan XL pre-paid dapat dilakukan lewat aplikasi myXL. Sedangkan untuk pengecekan melalui UMB dapat dilakukan lewat *123# dan ke menu info, pilih Info Kartu-XL-ku, lalu memilih Info Cek Kuota, dan langkaht terakhir memilih paket Terus Belajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyebutkan pembagian kuota data internet dilakukan selama empat bulan dari September sampai dengan Desember 2020. Berikut jadwal pembagiannya:

A. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 September 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 September 2020.

B. Bantuan kuota data internet untuk bulan kedua:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 Oktober 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 Oktober 2020.

C. Bantuan kuota data internet untuk bulan ketiga dan keempat dikirim bersamaan:
1. tahap I pada tanggal 22 sampai 24 November 2020.
2. tahap II pada tanggal 28 sampai 30 November 2020.

3. Cara cek untuk pelanggan Tri Indonesia

Ini Cara Cek Subsidi Kuota dari Kemendikbud di Telkomsel, XL, dan TriIlustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Wakil Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah menyampaikan cara yang bisa dilakukan pelanggan 3 untuk mengecek Kuota Belajar di ponselnya. Cek sisa kuota internet secara detail dapat dilakukan melalui *123*10*3# atau melalui aplikasi Bima+

"Kalau belum dapat bisa menghubungi administrasi sekolah masing-masing," ujar Danny saat dihubungi IDN Times pada Rabu (23/9/2020).

Seperti provider lainnya, Danny mengatakan pemberian kuota belajar dari Kemendikbud ini tidak akan mempengaruhi penjualan kuota lainnya. "Pelanggan masih dapat melakukan pembelian kuota internet lainnya dari 3 untuk mengakses berbagai aplikasi digital untuk hiburan," ujar Danny.

Danny sendiri berharap program ini dapat menjadi jawaban bagi seluruh pelajar di Indonesia untuk tetap mendapatkan akses pembelajaran terbaik selama masa adaptasi kebiasaan baru berlangsung.

Baca Juga: Cek Info Subsidi Kuota Internet Kemendikbud, Akses Link Ini

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya