Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan Diri

Ternyata gak cuma Edhy Prabowo yang mundur dari jabatannya

Jakarta, IDN Times - Edhy Prabowo memutuskan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menyusul keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menetapkannya menjadi tersangka kasus dugaan penerimaan suap pada Kamis (26/11/2020) dini hari.

Edhy ternyata bukan menteri Joko "Jokowi" Widodo pertama yang memutuskan mengundurkan diri. Beberapa di antaranya tersandung kasus korupsi, sebagian lain memilih mundur di penghujung masa jabatan.

1. Yasonna Laoly

Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan DiriInstagram/yasonna.laoly

Dalam periode pertama pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo, sosok Yasonna Laoly menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM. Pada 27 September 2019, Yasonna memutuskan untuk mengundurkan diri.

Keputusan ini diambil lantaran Yasonna terpilih untuk menjadi anggota Komisi I DPR RI dari fraksi PDIP.

Dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 dijelaskan menteri dilarang merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Jejak Karier Edhy Prabowo, dari Prajurit TNI hingga Menteri Jokowi

2. Puan Maharani

Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan DiriKetua DPR dari fraksi PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fatthurohman)

Terpilih sebagai anggota DPR fraksi PDIP periode 2019-2024, Puan Maharani juga memilih mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK).

Meski demikian, Puan sempat mendampingi Muhadjir Effendy di hari pertamanya sebagai Menko PMK yang menggantikan Puan setelah dipilih Jokowi.

Puan kini menjabat sebagai Ketua DPR RI dan menjadi perempuan pertama yang menduduki jabatan tersebut.

3. Imam Nahrawi

Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan DiriANTARA FOTO/Reno Esnir

Di periode pertama pemerintahan Jokowi, Imam Nahrawi menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. Sosok satu ini lantas memutuskan untuk mengundurkan diri pada September 2019.

Keputusan ini diambil Imam sejalan dengan keputusan KPK yang menetapkannya sebagai tersangka. Imam dinyatakan KPK sebagai tersangka atas kasus suap dana hibah KONI.

 

4. Idrus Marham

Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan Diri(Tahanan KPK di kasus PLTU Riau-1, Idrus Marham) Dokumentasi KPK

Serupa dengan Imam Nahrawi, sosok Idrus Marham juga mundur dari jabatannya sebagai menteri karena tersandung kasus korupsi. Kala itu, Idrus menjabat sebagai Menteri Sosial.

Idrus menjadi tersangka atas dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Keputusan pengunduran dirinya disampaikan Idrus pada pertengahan 2018 lalu.

5. Edhy Prabowo

Ini Daftar Nama Menteri Jokowi yang Mengundurkan DiriMenteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (26/11/2020) dini hari (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Edhy Prabowo menjadi menteri pertama di kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin yang memutuskan mundur dari jabatannya. Sekaligus, Edhy juga menteri pertama yang tersandung kasus korupsi dalam periode kedua Jokowi ini.

Ditetapkan KPK sebagai tersangka atas dugaan kasus suap perizinan ekspor benih lobster, Edhy memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

"Saya mohon maaf pada seluruh keluarga besar partai saya. Saya dengan ini akan mengundurkan diri sebagai wakil ketua umum (Gerindra) dan saya mohon diri tidak lagi jadi menteri," ujar Edhy dalam konferensi pers virtual, Kamis (26/11/2020) dini hari.

Baca Juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya