Comscore Tracker

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19

Kasus COVID-19 di Indonesia terus bertambah

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 belum juga berakhir. Kurva penambahan kasus juga terus beranjak naik sebulan terakhir ini. Setidaknya hingga Senin, 21 September 2020, Indonesia mencatat ada sebanyak 4.176 kasus baru, hingga total mencapai 248.852 kasus di tanah air.

Sejumlah nama pejabat, baik tingkat pusat dan daerah di tanah air juga tak luput terpapar virus corona. Beberapa di antaranya bahkan ramai jadi perbincangan publik. Siapa saja nama pejabat yang dinyatakan positif COVID-19?

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia

1. Menteri Agama Fachrul Razi

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Menteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19 pada Senin, 21 September 2020. Kabar ini disampaikan Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal kemarin. Fachrul kini tengah menjalani isolasi mandiri dan melakukan pemulihan di rumah sakit.

"Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali," ujar Kevin dalam keterangan resminya.

2. Sekda DKI Jakarta Saefullah

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Potret kebersamaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah (Instagram.com/aniesbaswedan)

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta Saefullah dinyatakan positif COVID-19 pada 12 September 2020. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sekda sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Hingga pada 16 September 2020, Seefullah menghembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, pada usia 56 tahun.

3. Menteri KKP Edhy Prabowo

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Menteri KKP, Edhy Prabowo. Dok. KKP

Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya yang juga terkonformasi positif COVID-19 adalah Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo. Kabar ini pertama tersiar pada 8 September 2020.

Edhy menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto (RSPAD), Jakarta, setelah sempat ditangani di Rumah Sakit Polti Kramat Jati, Jakarta Timur.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, hasil swab Edhy sudah menunjukkan hasil negatif. Kabar ini disampaikan Dasco pada 17 September 2020.

4. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (Instagram.com/@cellicanurrachadiana)

Kabar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana positif COVID-19 juga sempat ramai di pemberitaan media massa pada 24 Maret 2020.

Hasil swab Cellica kala itu diumumkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yang dinyatakan positif virus corona. Setelah 20 hari menjalani perawatan di RSUD Karawang, Cellica dinyatakan sembuh dengan hasil swab negatif.

5. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19(Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Wakil Wali Kota Bandung dinyatakan positif COVID-19 pada 23 Maret 2020. Yana mengungkapkan kondisinya lewat sebuah video yang diunggah di akun media sosialnya.

Dalam video tersebut, Yana mengaku merasakan beberapa gejala COVID-19 seperti demam, sebelum akhirnya menjalani pemeriksaan dan dinyatakan positif virus corona.

Setelah menjalani isolasi, Yana dinyatakan sembuh setelah hasil swab -nya menunjukkan hasil negatif.

6. Wali Kota Bogor Bima Arya

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Bima Arya Sugiarto dalam Webinar Eps. 3 #MenjagaIndonesia by IDN Times dengan tema "Kisah Mereka Garda Terdepan Negeri" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Waki Kota Bogor Bima Arya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 pada 19 Maret 2020. Bima Arya diketahui menjalani tes swab di Rumah Sakit Bogor Senior Hospital.

Bima Arya tercatat sebagai kepala daerah pertama yang secara terbuka mengakui terpapar COVID-19. Setelah menjalani perawatan selama 14 hari di RSUD Kota Bogor, Bima Arya dinyatakan sembuh.

7. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Ini Deretan Menteri dan Kepala Daerah yang Positif COVID-19Budi Karya Sumadi dalam Acara Suara Millennials by IDN Times (Dok. IDN Times)

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjadi menteri Kabinet Indonesia Maju pertama yang dinyatakan positif COVID-19. Budi Karya sempat dinyatakan positif pada 14 Maret 2020.

Budi Karya sempat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Dia dinyatakan sembuh setelah dua pekan lebih mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.

Baca Juga: [LINIMASA-4] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya