Comscore Tracker

Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani, Perempuan Indonesia yang Menginspirasi

Wow! Pernah jadi salah satu Most Powerful Women versi Forbes loh!

Jakarta, IDN Times - Salah satu perempuan kebanggaan Indonesia, Sri Mulyani Indrawati yang saat ini menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia, kembali mengharumkan nama bangsa. Ia ditetapkan sebagai The Best Minister in The World alias Menteri Terbaik di Dunia oleh World Government Summit yang dilaksanakan di Dubai, Uni Emirat Arab (11/2). Prestasi ini menambah panjang deretan prestasi internasional yang pernah diraih Sri Mulyani.

Dalam akun instagramnya, Sri Mulyani mempersembahkan penghargaan yang didapatnya untuk Indonesia dan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. "Award ini adalah award untuk seluruh masyarakat Indonesia," katanya dalam salah satu video yang diunggahnya. "Ini adalah karena kepemimpinan Presiden Jokowi di dalam memimpin Indonesia, melakukan reformasi dan kami semua sebagai menteri menjalankannya dengan cara fokus dan bertanggung jawab," kata Sri Mulyani.

1. Menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia

Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani, Perempuan Indonesia yang MenginspirasiAntara Foto/Muhammad Adimaja

Sri Mulyani menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia Pada tahun 2010 sampai 2016. Kesempatan itu membawanya menjadi perempuan Indonesia pertama yang bisa mencapai posisi sebagai direktur pelaksana di Bank Dunia. Sebelum menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia, Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan di Indonesia. Dengan jabatan ini saja, Sri Mulyani sudah mengharumkan dan membanggakan nama bangsa.

Sebagai orang nomor dua di Bank Dunia, Sri Mulyani memiliki tanggung jawab pekerjaan yang tidak ringan. Menurut Forbes, Sri Mulyani ditugaskan menyatukan ide-ide dan orang-orang terbaik dari 188 negara yang menjadi anggota dari Bank Dunia untuk memberantas kemiskinan dan mempromosikan kesejahteraan bersama. Pada 2016, Forbes mencatat Sri Mulyani menjadi salah satu Most Powerful Women, Sri Mulyani saat itu berada di posisi 37.

Baca juga: 7 Kritikan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk Pemprov DKI Jakarta

2. Menteri Keuangan Terbaik se-Asia tahun 2017 versi Finance Asia

Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani, Perempuan Indonesia yang MenginspirasiAntara Foto/Irsan Mulyadi

Sri Mulyani menjadi menteri keuangan pada 2005 silam di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sri Mulyani bekerja di dalam Kabinet Indonesia Bersatu dan tahun 2010 diangkat menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani sebagai menteri keuangan kala itu juga menyoroti cara untuk memangkas kesenjangan gender. Saat diangkat menjadi menteri keuangan oleh SBY, salah satu tindakan awal Sri Mulyani adalah menindak tegas pejabat-pejabat yang korupsi. Sri Mulyani berhasil membuat kebijakan ekonomi Indonesia menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara dan berhasil menavigasi ekonomi dari krisis ekonomi tahun 2008 silam.

Karena kerja kerasnya, Sri Mulyani tercatat sebagai salah satu menteri yang memiliki integritas yang baik dan menuai banyak penghargaan. Salah satunya sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia tahun 2017 versi Finance Asia.

3. Menjadi The Best Minister in The World versi World Government Summit

Ini Deretan Prestasi Sri Mulyani, Perempuan Indonesia yang MenginspirasiAntara Foto/Reuters/Christoper Pik

Penghargaan The Best Minister in The World ini merupakan penghargaan yang dilakukan berdasarkan pencarian oleh lembaga konsultan Independen Enrst & Young dan masih menjadi bagian dalam acara yang diselenggarakan oleh World Government Summit.  Acara World Government Summit ini sendiri merupakan sebuah pertemuan yang dilakukan oleh Uni Emirat Arab untuk memperkenalkan masalah mengenai tata kelola dan pemerintahan.

Menurut Sri Mulyani dalam unggahannya di akun instagramnya @smindrawati, penghargaan The Best Minister in The World tidak diberikan kepada sembarang orang. "Ernst&Young merupakan konsultan independent yang dihire oleh World Government Summit untuk mencari para policy maker yang dinilai memiliki kapasitas dan berprestasi," kata Sri Mulyani dalam video unggahannya. 

Pada video lain yang diunggah di akun instagram Sri Mulyani tampak dibacakan penerima penghargaan menteri terbaik di dunia dan disebutkan nama Sri Mulyani Indrawati. Saat Sri Mulyani hendak naik ke atas panggung terdengar dibacakan bahwa Sri Mulyani dinilai dapat meningkatkan transparansi dari pemerintah dan transaksi publik.

Sri Mulyani menjadi contoh bagaimana perempuan Indonesia dapat mengabdi pada bangsa dan berprestasi. Prestasi Sri Mulyani menunjukan bagaimana pemberdayaan perempuan dapat memperkuat posisi bangsa. 

Hal mengenai Empowering Women lainnya juga akan menjadi salah satu fokus dalam BeautyFest Asia 2018 yang akan dilaksanakan oleh IDN. Dilaksanakan di Ciputra Artpreneur pada 16-18 Maret 2018 mendatang, BeautyFest Asia 2018 akan mendatangkan perempuan-perempuan Indonesia lainnya yang menginspirasi dan berprestasi. BeautyFest Asia 2018 kali ini akan mengangkat tema #DiversityisBeautiful.

Baca juga: Keren! Sri Mulyani Terpilih Jadi Menteri Terbaik Sedunia

Topic:

Berita Terkini Lainnya