Ini Tiga Bantuan Uni Eropa untuk Korban Gempa Donggala dan Palu

Mereka memberikan bantuan senilai 1,5 juta euro

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan 7,4 SR di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi, yang terjadi pada Jumat lalu menewaskan tak kurang dari 832 orang. 

Bencana besar ini mendapat perhatian dunia, salah satunya dari Uni Eropa. Mereka akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban. 

1. Memberikan bantuan senilai 1,5 juta euro

Ini Tiga Bantuan Uni Eropa untuk Korban Gempa Donggala dan Palu(ANTARA News/HO)

Komisaris Eropa untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisis, Christos Stylianides, mengatakan pihaknya akan memberikan bantuan sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp 25,97 miliar kepada para korban gempa dan tsunami di Sulawesi. 

"Pendanaan kami akan membantu masyarkat yang paling rentan," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (30/9). 

Baca Juga: Gempa Donggala dan Palu, Dubes AS dan Presiden China Sampaikan Simpati

2. Mengerahkan ahli kemanusiaan

Ini Tiga Bantuan Uni Eropa untuk Korban Gempa Donggala dan Palu(Proses evakuasi korban reruntuhan Hotel Roa Roa Palu) BNPB

Selain bantuan berupa uang, Uni Eropa juga akan mengirimkan ahli kemanusiaan untuk mengkoordinir bantuan kemanusiaan. Dengan begitu diharapkan bantuan kemanusiaan yang mengalir ke Palu dan Donggala bisa dikoordinasikan. 

3. Mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus

Ini Tiga Bantuan Uni Eropa untuk Korban Gempa Donggala dan Palu(Evakuasi korban tertimbun reruntuhan Hotel Roa Roa, Palu) BNPB

Uni Eropa juga akan mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus. Satelit ini akan membantu memetakan wilayah bencana.

Baca Juga: Detik-detik Menegangkan Jurnalis yang Merasakan Gempa Hebat di Palu

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya