Ini yang Dilakukan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPK

Edhy tanda tangani kerja sama KKP di Hawaii, Amerika Serikat

Jakarta, IDN Times - Pemberitaan penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo oleh KPK menjadi pembicaraan hangat. Edhy diketahui ditangkap ditangkap di kawasan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta setibanya dari Hawaii, Amerika Serikat.

Keberadaan Edhy di Hawai bukan tanpa sebab. "Siang tadi waktu Amerika, saya menyaksikan penandatanganan kerja sama antara KKP dengan Oceanic Institute of Hawaii Pacific University," ujar Edhy lewat akun Instagramnya (@edhy.prabowo) pada Minggu (22/11/2020).

1. Edhy Prabowo tanda tangan kerja sama transfer teknologi produksi udang

Ini yang Dilakukan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPKEdhy Prabowo saat di Hawaii Pacific University, Amerika Serikat (Instagram.com/edhy.prabowo)

Melalui caption dari beberapa foto yang diunggahnya, Edhy menjelaskan kerja sama yang dilakukan mencakup transfer teknologi dan pengetahuan terkait dengan produksi induk udang unggul lewat pembangunan Broodstock Center Udang di Indonesia.

"Bila kita mampu menghasilkan indukan udang vaname sendiri, target produksi udang nasional 1,5 juta ton per tahun pada 2024 Insya Allah terpenuhi," ujar Edhy dalam unggahannya.

Langkah ini menurut Edhy akan dibarengi dengan langkah strategis lain mulai dari penyederhanaan izin operasional budidaya, kemudahan pinjaman modal hingga perbaikan sarana dan prasarana tambak yang saat ini sudah berjalan.

Unggahan ini sudah mendapat 1.945 likes hingga hari ini, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: 17 Orang Ditangkap KPK, Termasuk Istri Edhy Prabowo dan Pejabat KKP

2. Kunjungi ABK Indonesia yang ada di Amerika Serikat

Ini yang Dilakukan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPKEdhy Prabowo di tambak udang vaname wilayah selatan Jawa Barat dari Pelabuhan Ratu hingga Kabupaten Garut (Instagram.com/edhy.prabowo)

Sehari sebelum penangkapannya, Edhy masih mengunggah beberapa foto kunjungan terakhirnya di Amerika Serikat. "Menutup kunjungan kerja di Amerika Serikat, saya bertemu ABK asal Indonesia yang selama ini bekerja di sana," ujar Edhy.

Dalam unggahan yang mendapat 2.130 likes tersebut, Edhy menyampaikan ada banyak hal yang diutarakan oleh para ABK. Terutama tentang dinamika kerja di luar negeri, juga kerinduan terhadap keluarga di Indonesia.

"Meski mencari nafkah di Negeri Paman Sam, para ABK ini tetaplah nelayan Indonesia. Sehingga kami di KKP akan selalu berkomunikasi dengan pihak KJRI untuk mengetahui kabar teman-teman di sini," tulis Edhy dalam unggahannya.

3. Edhy Prabowo ditangkap KPK sepulang dari Amerika Serikat

Ini yang Dilakukan Edhy Prabowo di Hawaii Sebelum Ditangkap KPKEdhy Prabowo saat di Hawaii Pacific University, Amerika Serikat (Instagram.com/edhy.prabowo)

Penangkapan Edhy oleh KPK dilakukan setibanya Edhy dari Amerika Serikat. "Tadi malam, Menteri KKP diamankan KPK di Bandara (Terminal) 3 Soetta, saat kembali dari Honolulu (Hawaii, Amerika Serikat)," kata Ketua KPK Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (25/11/2020).

Berdasarkan informasi dari internal KPK yang enggan disebutkan namanya, Istri Edhy, Iis Rosita Dewi turut ditangkap.

Belum diketahui kasus apa pastinya yang menyeret Edhy. Pakar Komunikasi Effendi Gazali juga mengaku tengah mencari tahu kasus apa yang menyeret nama kader Gerindra ini.

"Gak tahu (kasusnya). Justru saya lagi nyari-nyari. Semua orang kok malah bungkam. Kan artinya nih KPK 1x24 jam akan kasih jawaban ya. Saya kira tunggu dulu deh, " ujar sosok yang pernah menjabat sebagai Penasihat bidang Komunikasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP2-KKP) ini saat dihubungi IDN Times pada Rabu (25/11/2020).

"Sudah 4 bulan saya (cuti), sejak itu saya gak pernah di KP2 lagi, pak Ustaz Ngabalin yang di KP2," ujar dia lagi.

Baca Juga: Profil Edhy Prabowo, Tangan Kanan Prabowo Subianto yang Ditangkap KPK

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya