Comscore Tracker

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut kerap mengemban rangkap jabatan sebagai menteri

Jakarta, IDN Times - Nama Luhut Binsar Pandjaitan kembali menjadi sorotan. Hal ini lantaran keputusan presiden Joko "Jokowi" Widodo mengangkat Luhut sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Intrim, menyusul keputusan KPK yang menetapkan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster.

Media sosial ramai memperbincangkan keputusan ini. Luhut memang kerap mendapat julukan dari warganet sebagai menteri segala urusan, karena jabatan-jabatan yang diembannya.

Luhut tercatat tiga kali menjabat rangkap sebagai menteri. Berikut deretan jabatan menteri yang pernah diisi Luhut:

1. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (2015-2016)

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Luhut sempat menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) di periode satu pemerintahan Joko "Jokowi" Widodo. Dia menjabat selama satu tahun mulai 2015 hingga 2016.

Pada 2016, Luhut digeser dari posisinya sebagai Menkopolhukam menjadi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman). Posisinya sebagai Menkopolhukam digantikan Wiranto.

2. Pelaksana Tugas Menteri ESDM

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanMenko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.)

Luhut selanjutnya merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada 2016. Hal ini lantaran jabatan tersebut ditinggal Arcandra Tahar yang diberhentikan secara terhormat oleh Jokowi lantaran polemik kepemilikan paspor ganda.

Pria berusia 73 tahun itu lebih kurang dua bulan rangkap jabatan sebagai menteri. Akhirnya pada Oktober 2016, Jokowi mengangkat Ignasius Jonan sebagai Menteri ESDM dan bertahan hingga masa jabatan berakhir pada 2019.

3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (2016-2019)

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanIDN Times/Panji Galih Aksoro

Pada Juli 2016, Luhut dipindah Jokowi dari Kemenko Polhukam mengisi jabatan sebagai Menteri Koordinator Kemaritiman (Menko Kemaritiman). Kala itu kementerian tersebut memiliki tambahan Sumber Daya di nama kementeriannya.

Luhut menjabat sebagai Menko Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli yang dicopot Jokowi. Rizal menjabat sebagai Menko Kemaritiman selama 11 bulan. Dia mengemban tugas tersebut hingga masa pemerintahan Jokowi di periode pertama berakhir pada 2019 lalu.

4. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (2019-sekarang)

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu Presiden AS Donald Trump (Dok. White House Amerika Serikat)

Memasuki periode keduanya sebagai presiden, Jokowi kembali memasukkan nama Luhut dalam jajaran menterinya. Luhut menjadi petahana di posisinya dengan sedikit perubahan nama kementerian.

Luhut menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sejak 2019 lalu hingga saat ini. Nama Luhut jadi satu dari segelintir menteri Jokowi yang kembali diminta bekerja sama di periode kedua.

Baca Juga: Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim 

5. Menteri Perhubungan Ad Interim

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanMenteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (IDN Times/Shemi)

Pada Maret 2020 lalu, Luhut kembali ditunjuk Jokowi untuk jalani rangkap jabatan menteri. Kali ini Luhut diminta menjabat sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim.

Kala itu, Menhub Budi Karya Sumadi terpaksa meninggalkan sejenak jabatannya, karena harus menjalani perawatan intensif lantaran dinyatakan positif COVID-19.

Luhut menjalani lebih kurang dua bulan sebagai Menhub Ad Interim hingga Mei 2020. Meski hanya sebentar menjabat, kebijakan Luhut sempat menjadi kontroversi.

6. Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim

Inilah 6 Posisi Menteri yang Pernah Diisi Luhut Binsar PandjaitanMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan diminta Presiden Jokowi untuk fokus menangani kasus Covid-19 di sembilan provinsi yang berkontribusi besar terhadap total kasus nasional (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Seolah jadi orang kepercayaan Jokowi, Luhut kembali diminta jalani rangkap jabatan menteri. Kali ini Luhut diminta menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim.

Keputusan ini diambil menyusul Edhy Prabowo yang sebelumnya mengisi jabatan ini ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap izin ekspor benih lobster oleh KPK. Edhy lantas memutuskan untuk mengundurkan diri dari kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin.

Baca Juga: Gantikan Edhy Prabowo, Luhut Luhut Jadi Trending di Twitter

Topic:

Berita Terkini Lainnya