Jalur Jakarta Menuju Puncak Diberlakukan One Way, Ini Jadwalnya

One way diberlakukan untuk mengurangi potensi kemacetan

Jakarta, IDN Times - Jalan Puncak-Gadog dari arah Jakarta menuju Puncak ditutup hari ini (7/5/2022). Penutupan jalan diberlakukan mulai pukul 07.15 WIB hingga 12.00 WIB.

Kepolisian memberlakukan penutupan jalan guna mengurangi potensi kepadatan kendaraan di kawasan puncak.

"Kami memainkan pola 'one way' pukul 07.15 tadi diperkirakan sampai pukul 12.00 WIB," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi Pranata mengutip ANTARA.

Baca Juga: Anggota DPR Dukung Usulan Kapolri: WFH Cegah Kemacetan Arus Balik

1. Kendaraan dari Jakarta tak bisa masuk kawasan Puncak

Jalur Jakarta Menuju Puncak Diberlakukan One Way, Ini JadwalnyaIlustrasi - Kepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Kepolisian memberlakukan penutupan jalan di perempatan Gadog. Hal ini membuat mobil yang melaju dari arah pintu keluar tol Jagorawi dan Kota Bogor tidak bisa masuk ke kawasan Puncak.

Kemacetan dilaporkan terjadi di hingga pintu tol pada pukul 07.50 WIB tadi. Sementara itu, dari arah Kota Bogor, kemacetan diperkirakan sudah mencapai Pasar Ciawi.

Baca Juga: Cerita Pemudik Terjebak Kemacetan Arus Balik Tasik-Garut hingga 12 Jam

2. One way dari arah Jakarta dimulai pukul 12.00 WIB

Jalur Jakarta Menuju Puncak Diberlakukan One Way, Ini JadwalnyaKepadatan kendaraan di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (28/2/2022). Tingginya volume kendaraan wisatawan saat libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW menyebabkan terjadinya kepadatan di jalur wisata Puncak Bogor sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah serta pengalihan arus lalu lintas untuk mengurai kepadatan kendaraan (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Pemberlakukan one way dari kawasan Puncak tidak akan berlangsung satu hari penuh. Disebutkan, pukul 12.00 WIB nanti, penutupan jalur akan diberlakukan dari arah sebaliknya.

Kepolisian berharap masyarakat yang hendak berkunjung ke kawasan Puncak dapat menyesuaikan waktu dengan jadwal one way yang ditetapkan.

Dicky mengaku belum melihat adanya lonjakan jumlah kendaraan dibandingan hari-hari sebelumnya. Namun, pemantauan akan tetap dilakukan untuk memastikan arus lalu lintas di kawasan Puncak terkendali.

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Garuda Indonesia Diprediksi Angkut 51.000 Penumpang

3. Puncak penuh sejak Lebaran hari kedua

Jalur Jakarta Menuju Puncak Diberlakukan One Way, Ini JadwalnyaKondisi lalu lintas di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, saat penerapan sistem one way arah Puncak. (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Puncak memang masih menjadi pilihan destinasi favorit masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Selama musim libur lebaran 2022, tercatat lebih dari 90 ribu kendaraan masuk ke jalur Puncak.

Penumpukan kendaraan sudah terjadi di beberapa titik pada hari-hari sebelumnya. Mulai dari Pasar Cisarua hingga jalur alternatif di sekitar Pasir Muncang, Megamendung, Simpang Taman Safari, dan Gunung Mas.

Kepadatan di jalur Puncak diberitakan terjadi sejak Lebaran hari kedua, 3 Mei 2022 lalu.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya