Jelang EOWA 2020, Entrepreneur Wanita dari Indonesia Timur

Pendaftaran sudah dibuka hingga akhir Desember 2019

Jakarta, IDN Times - Entrepreneurs Organization akan menyelenggarakan Entrepreneurs Organization Womenpreneur Award 2020. Berdasarkan siaran pers yang diterima IDN Times pada Kamis (5/12), kegiatan ini diharapkan dapat diikuti banyak kalangan entrepreneur wanita termasuk dari wilayah Indonesia Timur.

Pendaftaran peserta dibuka hingga 30 Desember 2019 mendatang. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Maret 2020 mendatang.

1. EOWA 2020 sebagai penghargaan untuk wirausaha perempuan

Jelang EOWA 2020, Entrepreneur Wanita dari Indonesia TimurKegiatan EOWA 2020 mendapat dukungan pemerintah dan KADIN (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kegiatan EOWA 2020 bertujuan memberikan penghargaan kepada para wirausaha perempuan untuk prestasi dan pencapaian mereka selama ini. Ajang ini diharapkan dapat menginspirasi perempuan Indonesia lainnya untuk terus berprestasi di bidangnya masing-masing. Utamanya dalam hal berwiraswasta dalam pembangunan Indonesia.

“EO Womenpreneurs Award (EOWA) ini juga merupakan bentuk dukungan EO terhadap pemberdayaan wanita dalam kesetaraan gender (gender equality) sesuai dalam Sustainable Development Goals ke-5 yang merupakan program dari United Nations," kata President of Entrepreneurs’ Organization Indonesia East, Caroline Gondokusumo seperti dikutip dari siaran pers.

"Penghargaan kali ini difokuskan pada kawasan Timur Indonesia, yang juga mencerminkan dukungan dan komitmen pemerintah dalam membangun dan memberikan kesempatan kepada Indonesia Timur,” lanjut dia.

2. Ajang membuka peluang untuk wirausahawan perempuan berkembang

Jelang EOWA 2020, Entrepreneur Wanita dari Indonesia TimurKegiatan EOWA 2020 mendapat dukungan pemerintah dan KADIN (Dok.IDN Times/Istimewa)

Melalui EO Womenpreneur Award ini peluang untuk membantu memberikan ilmu baru dari para pakarnya, berbagi pengalaman dari para pelaku bisnis ternama, dan kesempatan membuka network global.

Tujuannya agar para wanita pengusaha bisa memperoleh perspektif yang dibutuhkan untuk membawa perusahaannya lebih berkembang lagi.

“Program ini dapat mengidentifikasi dan memberikan banyak kesempatan bagi wirausahawan perempuan berpotensi tinggi untuk belajar dari pada ahli, rekan sejawat, pelatih atau pembimbing tentang masalah pribadi, bisnis atau keluarga tentang kehidupan wirausaha," kata Caroline.

"Tidak seperti banyak program lain yang berfokus pada membantu perempuan untuk memulai bisnis (start up), tetapi program kami justru ingin mendukung perempuan dengan usaha yang sudah berjalan dengan baik guna mengembangkan dan meningkatkan (scale up) usaha tersebut,” tambah dia.

3. Didukumg Pemerintah dan KADIN Dirjen Industri Kecil dan Menengah

Jelang EOWA 2020, Entrepreneur Wanita dari Indonesia TimurKegiatan EOWA 2020 mendapat dukungan pemerintah dan KADIN (Dok.IDN Times/Istimewa)

Aneka, Gati Wibawaningsih menyatakan, pemerintah antusias dan juga mendukung penuh program ini. EOWA 2020 disebut sejalan dengan arah pembangunan Indonesia yang terus ingin lebih memajukan dan mengembangkan bisnis wilayah Indonesia Timur.

"Sudah saatnya para wirausaha perempuan unjuk gigi untuk dapat lebih banyak mendapatkan kesempatan dalam kancah industri yang lebih besar, tidak hanya mencakup di Indonesia tetapi juga ke mancanegara," kata Gati.

Wakil Ketua Komite Tetap KADIN Indonesia bidang Industri Kreatif, Kevin Wu mengatakan KADIN dengan penuh semangat ikut mendukung pengembangan dan kemajuan program EOWA 2020.

"Kami siap membantu langsung untuk lebih meningkatkan kemampuan entrepreneur perempuan khususnya di wilayah Timur. Saya yakin banyak pebisnis perempuan Tangguh yang akan kian berhasil,” ucap Kevin.

4. Keuntungan menanti peserta EOWA 2020

Jelang EOWA 2020, Entrepreneur Wanita dari Indonesia TimurKegiatan EOWA 2020 mendapat dukungan pemerintah dan KADIN (Dok.IDN Times/Istimewa)

EOWA dalam jangka pendek akan memberikan keuntungan berupa kesempatan untuk mengikuti pelatihan atau workshop oleh Subject Matter Expert (SME). Dalam kegiatan ini, sharing ilmu dalam bidang pengembangan pribadi, memberikan yang terbaik untuk keluarga dan/atau pengembangan bisnis bisa diikuti.

Dalam jangka panjang, EOWA disebut dapat memperluas jaringan bisnis. EO memiliki chapter di 140 negara.

Adapun kategori Award yang akan diberikan adalah Small Medium Business Program, Under 35 Program, dan Enterprise Program.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya