Jenazah Habibie Masuk ke Liang Lahat, Satu Tembakan Melesat ke Udara 

Upacara militer pemakaman Habibie dipimpin Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Jenazah Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, diturunkan ke liang lahat di tempat peristirahatan terakhirnya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang. Satu tembakan dilepaskan ke udara guna memberikan penghormatan terakhir sebelum jenazah dimakamkan.

Jenazah Habibie yang terbungkus rapi dengan kain kafan dikeluarkan dari peti. Selama jenazah diturunkan, petugas memegang dan membentangkan bendera Merah Putih di atas liang lahatnya, seolah sebagai atap bagi jenazah salah satu putra terbaik Indonesia ini.

Berdasarkan tayangan langsung Kompas TV,  Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menjadi salah satu yang memegang Sang Saka Merah Putih di atas pusara Habibie. Ia memegang salah satu sudut bendera yang dibentangkan setinggi dada.

Upacara militer pemakaman BJ Habibie dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo selaku inspektur upacara.

Usai jenazah dimasukkan ke liang lahat, keluarga mendekati liang lahat dan diberi waktu untuk menaburkan bunga ke dalam liang lahat.

Anak, cucu, dan keluarga terdekat Habibie menaburkan bunga. Setelah itu Jokowi ikut menimbun liang lahat Habibie. Usai menurunkan tanah ke liang lahat, ia memberikan penghormatan di pusara Presiden ke-3 Republik Indonesia itu.

Baca Juga: Megawati Hingga SBY Hadiri Upacara Pemakaman Jenazah BJ Habibie

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya