Jokowi Akan Temui Aksi Kamisan Pertama Kali

4 tahun masa pemerintahan belum pernah menemui

Jakarta, IDN Times - Kurang lebih 11 tahun sudah peserta aksi Kamisan turun ke jalan untuk melakukan aksinya. Empat tahun di antaranya berada di bawah pemerintahan Joko Widodo. Hari ini (31/5) mentup bulan reformasi, dikabarkan Jokowi akan temui masa aksi Kamisan untuk pertama kalinya.

Kelompok massa yang bergabung dalam peserta aksi Kamisan secara rutin mengadakan aksi diam di depan Istana Negara setiap hari Kamis. Aksi yang disebut Kamisan ini sudah berlangsung selama setidaknyan 539 kali. Aksi diam dengan payung hitam menjadi kekhasannya.

"Pertemuan tadi juga membahas kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu seperti tragedi Trisakti, Semanggi, Papua, dan yang kedua juga membahas tentang pertemuan dengan Presiden yang besok diagendakan. Tadi Pak Presiden langsung meminta ajudan dan Teten mengagendakan," kata Direktur Amnesti Internasional Indonesia Usman Hamid di lingkungan Istana Kepresidengan Jakarta, Rabu (30/5) seperti dilansir dari Antara pada Kamis (31/5).

1. Jokowi temui untuk pertama kali

Jokowi Akan Temui Aksi Kamisan Pertama KaliTwitter/@giewahyudi

Selama empat tahun masa kepemimpinannya, belum sekali pun Jokowi menemui peserta aksi Kamisan. Hal ini sempat membuat masa aksi merasa kecewa terhadap Jokowi.

Diketahui salah satu hal yang menjadi nawacita pemerintahan Jokowi-JK adalah penuntasan kasus pelanggaran HAM berat. Namun belum adanya niatan Jokowi menemui massa aksi Kamisan membuat banyak pihak mempertanyakan keseriusan Jokowi menjalankan nawacita ini.

2. Setelah beredar #KapanJokowiKamisan

Jokowi Akan Temui Aksi Kamisan Pertama KaliANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pada aksi Kamisan ke-539 yang dilakukan Kamis (24/5) pekan lalu, masa aksi melakukan aksi diam dengan membawa #JokowiGakReformatif dalam aksinya.

Kasus-kasus pelanggaran HAM yang terjadi juga di era Jokowi membuat massa aksi geram. Contoh kasus pelanggaran HAM baru yang tak kunjung mendapat titik terang penyelesaian di era Jokowi adalah kasus yang menimpa mantan ketua KPK, Novel Baswedan

Dalam sepekan ini, dalam akun media sosial Twitter aksi Kamisan (@aksikamisan) beredar pula tagar #KapanJokowiKamisan. Dengan menggunakan tagar (tanda pagar) ini bukan hanya massa aksi kamisan namun juga masyarakat yang peduli akan nasib para aksi Kamisan.

3. Aksi kamisan ke 540

Jokowi Akan Temui Aksi Kamisan Pertama KaliANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Hari ini (31/5) massa aksi Kamisan akan melakukan aksi ke-540 kalinya. Tanpa mengenal lelah, menyuarakan hal yang sama. Keadilan dan penuntasan atas kasus pelanggaran HAM.

Massa yang menjadi anggota peserta aksi kamisan merupakan anggota keluarga dari korban pelanggaran HAM dan juga masyarakat yang peduli dengan nasib keluarga korban. Keluarga dari korban pelanggaran HAM masa lalu seperti tragedi Trisakti, Semanggi I dan II dan tragedi 98 lainnya banyak menjadi peserta tetap aksi kamisan.

Seperti aksi-aksi Kamisan biasanya, massa aksi akan melakukan aksi diam dengan payung hitam di depan Istana Negara mulai pukul 16.00 WIB. Pertemuan yang dikabarkan akan dilaksanakan hari ini (31/5) akan menjadi momentum pertama Jokowi bertemu dengan massa aksi dan menjadi pembuktian Jokowi tidak abai terhadap massa aksi Kamisan selama ini.

Topik:

Berita Terkini Lainnya