Mendikbud Nadiem: Kabar Gembira, Guru Honorer Dapat Bantuan Rp1,8 Juta

Kemendikbud siapkan anggaran total sekitar Rp3,6 triliun

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan besaran angka Bantuan Subisidi Upah (BSU) bagi para pendidik dan tenaga kependidikan non-PNS. Mereka bakal mendapatkan bantuan sebesar Rp1,8 juta dari Kemendikbud.

"Kita berhasil mendapatkan bantuan subsidi upah bagi para guru-guru honorer kita dan juga tenaga kependidikan yang non-PNS sebesar Rp1,8 juta yang akan diberikan satu kali," ujar Mendikbud dalam Rapat Kerja bersama Komisi X DPR secara daring pada Senin (16/11/2020).

1. Total anggaran yang akan diberikan berjumlah Rp3,6 trilun

Mendikbud Nadiem: Kabar Gembira, Guru Honorer Dapat Bantuan Rp1,8 JutaMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam Rapat Kerja dengan Komisi X, Senin 16 November 2020 (Tangkap layar Website/dpr.go.id/serba-serbi/tv-parlemen/id/10)

Mendikbud menjelaskan ada lebih kurang 2 juta orang yang disasar menjadi penerima BSU Kemendikbud.

"Yang paling besar adalah guru honorer sebesar 1,6 juta," kata Nadiem.

Total anggaran yang akan dikeluarkan Kemendikbud untuk penyaluran BSU juga tidak sedikit. Pemerintah harus merogoh kocek dalam untuk memenuhi bantuan tersebut.

"Total anggaran yang akan kita keluarkan kan adalah sekitar Rp3,6 triliun," ujar pria berusia 36 tahun tersebut.

Baca Juga: Kemendikbud Salurkan Bantuan Kuota Lagi dan Tambahan Aplikasi Belajar

2. Mereka yang berhak menerika BSU Kemendikbud

Mendikbud Nadiem: Kabar Gembira, Guru Honorer Dapat Bantuan Rp1,8 JutaDok. Pribadi/Ahmad Syaiful Bahri

Bantuan Subsidi Upah diberikan Nadiem tidak kepada sembarang pihak. Ada beberapa orang yang dinilainya berhak menerima BSU dari Kemendikbud.

"Dosen, guru, guru honorer, dosen tidak tetap dan non-PNS, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, tenaga administrasi," kata Mas Menteri, menyebutkan pihak mana saja yang berhak atas BSU dari Kemendikbud.

"Jadi semua ada bantuannya. Semua sekolah dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta," kata dia lagi.

3. Alasan Kemendikbud memberikan BSU sekali langsung

Mendikbud Nadiem: Kabar Gembira, Guru Honorer Dapat Bantuan Rp1,8 JutaKunjungan Kerja Mendikbud Nadiem Makarim ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (Dok. BKHumas Kemendikud)

Nadiem menyampaikan alasan Kemendikbud memberikan BSU satu kali secara langsung. Dia menyinggung soal bantuan lain yang diberikan oleh pemerintah pusat dan diserahkan kepada penerima secara bertahap tiap bulannya.

"Jadinya untuk kita memastikan bahwa guru-guru honorer kita dan tenaga pendidik kita mendapatkan bantuan yang penuh dan adil, kita memberikan sekaligus bantuan itu serentak kepada seluruh tenaga honorer kita, pendidik non-PNS dan tenaga kependidikan," ujar Nadiem.

BSU ini menurut Nadiem dapat terlaksana karena dukungan Komisi X DPR dan Kementerian Keuangan.

"Jadi ini hari yang sangat gembira bagi kami di Kemendikbud dan harus sangat gembira bagi para guru guru honorer kita," ungkap dia.

Baca Juga: Asyik! Sri Mulyani Bilang Guru Honorer Juga Bakal Dapat Subsidi Gaji

Topik:

  • Margith Juita Damanik
  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya