Kampanye Terbuka Dimulai, Jokowi-Ma'ruf Awali Langkah di Banten

Ada alasan khusus mengapa TKN memilih Banten

Jakarta, IDN Times - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Erick Thohir, mengumumkan jadwal kampanye terbuka yang akan dilakukan calon petahana Joko "Jokowi" Widodo dalam sepekan ke depan. Informasi ini disampaikan Erick di Posko Cemara, Jakarta Pusat pada Sabtu (23/3).

Agenda yang disampaikan Erick baru sebatas agenda kampanye terbuka tanggal 24 hingga 28 Maret 2019. Jokowi-Ma'ruf akan membuka kampanye terbuka di Provinsi Banten.

1. Jokowi-Ma'ruf awali langkah di Provinsi Banten

Kampanye Terbuka Dimulai, Jokowi-Ma'ruf Awali Langkah di BantenIDN Times/Margith Juita Damaniki

Mengawali langkah dimulainya kampanye terbuka pemilihan presiden 2019, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin, menetapkan provinsi Banten untuk didatangi pertama kali.

"Besok mengadakan kampanye di Banten, tepatnya di Ciceri," kata Erick Thohir mengumumkan. "Akan dimulai dari jam 16.00 WIB tapi dari 14.30 WIB sudah ada kegiatan-kegiatan yang sangat menarik, di jalan-jalan nanti para partai koalisi akan buat panggung-panggung, lalu masyarakat dan relawan akan membanjiri," tambah dia.

Lokasi kampanye terbuka Jokowi-Ma'ruf Amin yang pertama tepatnya berada di GOR Maulana Yusuf Ciceri, Serang, Banten. "Ada kegiatan seperti pawai akbar di situ, kurang lebih 2 sampai 2,5 kilometer menuju GOR-nya," kata Erick.

Baca Juga: Berkunjung ke Kulonprogo, Sandiaga Disambut Pendukung Jokowi

2. Alasan memilih Banten

Kampanye Terbuka Dimulai, Jokowi-Ma'ruf Awali Langkah di BantenIDN Times/Margith Juita Damanik

Banten dipilih oleh TKN bukan tanpa alasan. "Kita memilih di Banten karena hasil undian tanggal 24 kita dapat zona B, dan di dalamnya ada Banten," kata Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Jakarta Pusat.

"Tentu saja ini momentum yang sangat baik bagi Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin untuk memulai di sebuah tempat yang dalam konteks kesejarahan itu begitu luar biasa," tambah Hasto lagi.

Selain itu, Hasto menyampaikan Provinsi Banten juga merupakan provinsi kelahiran dari calon wakil presiden 01, Ma'ruf Amin. "Banten juga kami pilih karena penduduknya juga padat dan penguatan dari Pak Jokowi dan Ma'ruf Amin," katanya.

3. Buka dan tutup kampanye terbuka bersama-sama

Kampanye Terbuka Dimulai, Jokowi-Ma'ruf Awali Langkah di BantenIDN Times/Margith Juita Damanik

Erick menyampaikan, pasangan calon presiden dan calon wakil presisen nomor urut 01 akan membuka masa kampanye terbuka bersama-sama. Setelahnya, keduanya akan memiliki agenda kampanye terbuka yang berbeda.

Selain itu, Erick menjelaskan bahwa Jokowi dan Ma'ruf Amin akan kembali melakukan kampanye terbuka bersama pada 13 April 2019 sebagai penutup dari masa kampanye terbuka.

4. Jadwal Jokowi sepekan ke depan

Kampanye Terbuka Dimulai, Jokowi-Ma'ruf Awali Langkah di BantenIDN Times/Margith Juita Damanik

Berikut adalah agenda kampanye terbuka yang akan dilakukan Jokowi selama sepekan kedepan. Informasi ini disampaikan oleh Erick Thohir.

 

25 Maret 2019


09.00-11.30 di Banyuwangi. Berlokasi di alun-alun Banyuwangi.
13.30-15.30 di Jember. Berlokasi di GOR Jember.
Dilanjutkan dengan kampanye tertutup di Malang. "Karena ini memang kampanye sudah lewat dari jam 18.00, maka akan tertutup," kata Erick. Kampanye tertutup akan dilakukan di GOR Ken Arok pada malam hari.

 

26 Maret 2019

11.30-13.30 di Banda Aceh.
Dilanjutkan ke Provinsi Riau. "Di Riau kemungkinan ada di dua titik, tapi yang pasti di Pekanbaru," sebut Erick.

 

27 Maret 2019

09.30-11.30 di Pontianak. Berlokasi di Pontianak Convention Center.
Dilanjutkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

28 Maret 2019,

Kampanye terbuka di Balikpapan, Kalimantan Timur.
Dilanjutkan ke Mamuju, Sulawesi Barat.

"Tanggal 29-30 masih ada debat, jadi nanti kampanye yang dekat saja dan kita lihat dulu zonanya," turur Erick.

Baca Juga: Disela Saat Pidato, Jokowi Payungi Bendesa di Bali

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya