Comscore Tracker

Kata Jubir Presiden soal Isu Reshuffle Kabinet Usai PAN Merapat Jokowi

PAN tak ambil pusing dianggap koalisi atau bukan

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman menolak berkomentar lebih jauh soal isu bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke koalisi partai politik pendukung pemerintah dan kemungkinan adanya reshuffle kabinet. Menurut Fadjroel, perombakan menteri kabinet adalah murni hak prerogatif presiden.

Isu reshuffle kabinet muncul ketika Ketua Umum PAN Zulkfili Hasan turut hadir dalam pertemuan antara Presiden Joko "Jokowi" Widodo bersama Ketua Umum dan Sekjen Partai Politik di Istana pada Selasa, 24 Agustus lalu.

"Apakah ini (pertemuan?) akan bermakna reshuffle? Saya hanya mengatakan Presiden Joko Widodo selalu mengatakan bahwa persoalan hari ini adalah menyelesaikan COVID-19," ujar Fadjroel dalam diskusi virtual, Sabtu (28/8/2021).

"Tentang reshuffle kabinet itu adalah hak prerogatif beliau. Saya hanya bisa bicara tentang reshuffle setelah presiden bicara," ujar dia.

Baca Juga: Ada PAN di Pertemuan Jokowi dan Koalisi, NasDem: Gak Bahas Reshuffle

1. Ada lima agenda yang dibicarakan dalam pertemuan

Kata Jubir Presiden soal Isu Reshuffle Kabinet Usai PAN Merapat JokowiJuru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Negara, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Fadjroel mengutip ucapan Sekjen Nasdem, Johnny G Platte, mengenai agenda pembahasan dalam pertemuan Jokowi dengan tujuh ketua umum partai politik dan tujuh sekjen parpol pada 25 Agustus 2021.

Adapun kelima agenda yang dibahas mengenai update kemajuan, tantangan, dan rencana penanganan COVID-19, pengembangan makro ekonomi nasional, strategi ekonomi dan bisnis negara, ketatanegaraan otonomi daerah, dan sistem pemerintahan akibat pandemik COVID-19, serta mengenai ibu kota negara baru dan tindak lanjutnya.

"Itu saja sebenarnya yang dibicarakan dalam pertemuan dengan tujuh ketua umum dan sekjen tersebut," ujar Fadjroel.

2. Fadjroel mengatakan fokus utama pemerintah adalah penanganan pandemik COVID-19

Kata Jubir Presiden soal Isu Reshuffle Kabinet Usai PAN Merapat JokowiRapat terbatas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Rapat kabinet tersebut membahas dampak virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Fadjroel menegaskan, fokus utama pemerintah Jokowi saat ini adalah menuntaskan pandemik COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia. Di bawah komando Jokowi, para menteri pun memiliki fokus yang sama.

"Jadi presiden bersama dengan seluruh menteri dalam kabinet Indonesia Maju hanya fokus untuk menyelesaikan pandemik COVID-19," kata dia.

Fadjroel juga enggan membahas mengenai reshuffle kabinet jika Jokowi belum mengeluarkan pernyataan apapun mengenai hal tersebut.

3. PAN tak ambil pusing dianggap berkoalisi atau bukan

Kata Jubir Presiden soal Isu Reshuffle Kabinet Usai PAN Merapat JokowiIDN Times / Irfan Fathurohman

Sementara, Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, bagi PAN status berkoalisi atau oposisi bukan menjadi persoalan besar. Dia menyebut, meski tak berada di koalisi pemerintah, hubungan PAN dengan Jokowi terjalin baik dan harmonis.

"Bagi kami bukan sebuah persoalan dianggap koalisi tidak koalisi, Bilamana kami dianggap bisa membantu pemerintah, itu sebuah kehormatan buat kami," ujar Yandri dalam kesempatan yang sama.

Baca Juga: Kata Istana Soal Isu Reshuffle Setelah PAN Gabung Koalisi Pemerintah

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya